Photo by Andrew Neel: https://www.pexels.com/photo/photo-of-man-leaning-on-wooden-table-3132388/
Gaya Hidup

Sering Merasa "Enggak Enakan", Bisa Jadi Anda Seorang People Pleaser

  • Dampak negatif menjadi people pleaser yang mungkin dirasakan seseorang adalah stres, kelelahan pengabaian, kebencian, masalah hubungan, kehilangan identitas, konflik peran hingga membahayakan orang lain.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah Anda pernah berada di situasi yang sulit untuk mengatakan tidak. Sebut saja teman Anda meminta bantuan Anda untuk mengerjakan tugas pekerjaannya. Sementara Anda sendiri belum selesai dengan tugas Anda. Sulit bagi Anda untuk mengatakan tidak, hingga akhirnya Anda menyetujui permintaan teman Anda dan berakhir tugas utama Anda keteteran dan Anda merasa kelelahan.

Jika hal tersebut kerap terjadi pada Anda, bisa jadi Anda adalah seorang people pleaser.

Melansir dari laman website Medical News Today pada Jum'at (19/5/2023), people pleaser adalah seseorang yang merasakan dorongan kuat untuk menyenangkan orang lain. Mereka mungkin merasa bahwa keinginan dan kebutuhan mereka tidak penting dan mereka tak segan untuk mengubah kepribadian mereka di sekitar orang lain.

People pleaser bukanlah diagnosis medis atau ciri kepribadian yang dapat diukur oleh psikolog. Sebaliknya, people pleaser adalah label informal yang digunakan untuk menggambarkan perilaku seperti menyetujui tugas yang tidak sempat dilakukan oleh orang lain.  

Individu pada umumnya memang ingin merasa dicintai dan dihargai, terutama dalam hubungan dekat. Hal ini wajar karena memang manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial dan ingin menjadi bagian dari suatu kelompok. Akibatnya, banyak orang yang terkadang menyesuaikan perilakunya untuk membuat interaksi sosial mereka lebih lancar.

Penyesuaian yang melampaui batas inilah yang akhirnya membuat seseorang mulai mengabaikan kepentingannya sendiri dan menjadi seorang people pleaser.

Menjadi seorang people pleaser tentunya membawa banyak kerugian pada seseorang dan orang-orang disekitarnya. Beberapa dampak negatif menjadi people pleaser yang mungkin dirasakan seseorang adalah stres, kelelahan pengabaian, kebencian, masalah hubungan, kehilangan identitas, konflik peran hingga membahayakan orang lain.