<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Sering Stres dan Benci dengan Pekerjaan? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa stres dan benci terhadap pekerjaan Anda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baik bekerja di bilik kantor atau bekerja remote, seseorang akan tetap merasa lelah atau bosan ketika melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun. Hal ini mungkin juga akan mulai membuat Anda jadi kewalahan seolah pekerjaan tidak pernah berakhir. 

Tidak mengherankan jika kondisi ini membuat banyak para pekerja atau karyawan yang jadi membenci perusahaan atau pekerjaannya. Bagi Anda yang sedang mengalami hal tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

5 Cara Ampuh Atasi Stres dan Suntuk Saat Bekerja

5 Cara Ampuh Atasi Stres dan Suntuk Saat Bekerja

1. Pelajari sesuatu yang baru

Jika alasan berhenti dari pekerjaan adalah karena job description yang terkesan membosankan atau yang lainnya, Anda mungkin ingin mengerjakan proyek lain yang berbeda dari tugas harian Anda. Anda bisa mencoba menemui manager Anda untuk membahas masalah ini secara mendetail dan manajer mungkin akan meminta Anda terlibat pada suatu proyek tertentu.

Tidak hanya itu, jika Anda telah bekerja di departemen tertentu selama bertahun-tahun, Anda bisa mempertajam keterampilan Anda dengan mulai belajar dari kursus online seperti yang ada di Coursera, Udemy, atau Google Digital Garage.

2. Mulai hari dengan baik

Seseorang yang memulai harinya dengan baik dapat lebih produktif sepanjang hari. Namun, jika Anda memulai hari dengan mengeluh, Anda mungkin akan merasakan kekesalan yang sama sepanjang hari. Jika siklus ini terus berulang, semakin lama Anda akan semakin membenci pekerjaan Anda.

3. Tata ulang ruang kerja

Tidak dipungkiri ketika Anda bekerja di meja kerja, maka Anda akan menghabiskan 40 jam seminggu di ruang kerja Anda. Selain itu, jika Anda terus melihat hal yang sama selama sisa hidup Anda, mungkin hal ini akan membuat Anda bosan. Jadi, pertimbangkan untuk sering mengubahnya agar Anda tetap semangat ketika bekerja.

4. Pertahankan sikap positif

Semua hal tetap memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan negatif. Hal yang sama juga berlaku untuk pekerjaan Anda. Terlepas dari apa yang sedang Anda rasakan saat ini, pasti ada sesuatu yang Anda sukai tentang pekerjaan Anda dan menjadi alasan untuk melakukannya sejak awal. Jadi, daripada duduk dengan menggerutu, Anda bisa mencoba menjaga dan mempertahankan sikap positif.

5. Beristirahat

Jika masih tidak ada yang masuk akal saat ini, mungkin Anda sedang berada di ambang kelelahan. Namun, hal itu wajar dialami oleh banyak orang dan semua orang merasakan hal ini dari waktu ke waktu.

Hal terbaik yang harus dilakukan dalam hal ini adalah istirahat sejenak dari pekerjaan. Pertimbangkan untuk pergi berlibur atau mengambil cuti beberapa hari hanya untuk bersantai dan menjauh dari semua stres yang disebabkan oleh pekerjaan Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa stres dan benci terhadap pekerjaan Anda.