Wisata Kali Cokel di Pacitan
Destinasi & Kuliner

Serunya Naik Kapal dan Susur Sungai di Kali Cokel Pacitan

  • Kabupaten Pacitan memang terkenal dengan julukan kota 1001 Goa. Namun di balik julukan tersebut terdapat wisata lain yang tidak kalah mempesona.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Kabupaten Pacitan memang terkenal dengan julukan kota 1001 Goa. Namun di balik julukan tersebut terdapat wisata lain yang tidak kalah mempesona. Puluhan pantai yang berderet di sepanjang pesisir Selatan Pacitan adalah daya tarik lainnya. 

Selain wisata pantai, terdapat pula wisata sungai yang berada di wilayah Pacitan. Sebut saja wisata Kali Maron dan Kali Cokel yang menjadi alternatif pilihan wisata lainnya di Pacitan. Wisata Kali Cokel merupakan salah satu wisata bertemakan air di Kabupaten Pacitan.

Wisata ini menawarkan keindahan menyusuri sungai dan berlanjut hingga ke tepian pantai. Wisatawan yang berkunjung ke Kali Cokel akan diajak berkeliling menggunakan perahu menelusuri aliran sungai sepanjang kurang lebih 500 hingg 700 meter. 

Sepanjang kanan kiri sungai terdapat pemadangan pohon kelapa yang nyiur tinggi. Beberapa pohon juga tampak menjulang ke tengah sungai sehingga kian menambah syahdunya suasana. Selain pemandangan kanan kiri yang hijau dan teduh, wisatawan dapat melihat tenang dan jernihnya air di sungai tersebut. Suasana kian menjadi syahdu dengan hembusan angin sepoi khas kawasan pesisir. 

Wisata ini juga dapat dijadikan alternatif wisata susur sungai selain Kali Maron yang telah lebih dahulu hadir. Karena bermuara langsung di Pantai Watukarung, wisatawan dapat melanjutkan susur sungai hingga ke tepian laut Selatan di pantai tersebut. Jadi selain menikmati sungai, pengunjung dapat menikmati lautan sekaligus dalam satu rangkaian perjalanan menggunakan kapal.

Pemandangan kala kapal memasuki lautan juga tidak kalah indahnya. Kawasan tersebut memang terkenal dengan adanya tebing dan pulau kecil di sekitaran pantai sehingga menambah keindahan pemandangan. Adanya ombak lautan yang mengenai kapal dapat meningkatkan adrenalin kita kala melakukan perjalanan susur sungai tersebut.

Bagi wisatawan yang beradrenalin tinggi, mereka dapat meminta kepada operator kapal untuk memacu kapal dengan kecepatan tinggi saat memecah gelombang laut. Tentunya hal ini sangat menantang bagi orang yang memiliki keberanian tinggi. Sebaliknya jika wisatawan tidak memiliki nyali lebih, dapat meminta operator untuk hanya menyusuri sungai saja atau memelankan kecepatan kapalnya saat berada di pesisir laut.

Adapun akses menuju Kali Cokel cukup mudah dan jelas. Lokasinya berdampingan dengan Pantai Watukarung. Dari Kota Pacitan berjarak kurang lebih 25 kilometer dengan akses jalan yang halus dan papan petunjuk yang jelas. Meski begitu, jalan masuk menuju kawasan tersebut cukup sempit apalagi jika terdapat dua kendaraan roda empat yang berpapasan. Kendala lainnya yaitu sinyal dari ponsel yang sulit didapatkan ketika akan memasuki kawasan wisata.

Tarif masuk kawasan tersebut sebesar Rp5.000 dan tiket naik kapal sebesar Rp25.000. Kawasan wisata itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti kamar mandi umum hingga penjaja makanan. Tidak ketinggalan terdapat pelampung yang disediakan untuk penumpang kapal susur sungai.