GoTo Financial memperkenalkan fitur Split Bill dalam acara gathering bersama creator dan media di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024.
Fintech

Setahun setelah Diluncurkan, Aplikasi Gopay Dipakai 30 Juta Pengguna dan Masuk 3 Besar di Playstore

  • Jumlah pengguna GoPay telah mencapai sekitar 30 hingga 40 juta, dan diperkirakan akan terus bertambah dengan adanya inovasi terbaru, yaitu fitur Split Bill.

Fintech

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - GoTo Financial, unit bisnis fintech dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), melaporkan peningkatan jumlah pengguna aplikasi GoPay sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2023. Kelvin Timotius, Head of GoPay Wallet, mengungkapkan bahwa aplikasi GoPay telah diunduh lebih dari 30 juta kali hingga saat ini.

"Saat ini, pengguna aplikasi GoPay telah menembus angka 30 juta. Aplikasi GoPay telah masuk dalam kategori aplikasi keuangan yang populer. Jika dilihat di Playstore maupun iOS, kami sudah masuk dalam tiga besar untuk aplikasi keuangan," ujar Kelvin dalam acara temu bersama media dan creator di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024. 

Kelvin juga menyebutkan bahwa dalam satu tahun terakhir, jumlah pengguna GoPay telah mencapai sekitar 30 hingga 40 juta, dan diperkirakan akan terus bertambah dengan adanya inovasi terbaru, yaitu fitur Split Bill. 

Memperkenalkan Fitur Split Bill untuk Genjot Kenaikan Pengguna

Gopay memperkenalkan fitur baru untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan patungan atau urunan. 

Fitur bernama Split Bill ini memungkinkan pengguna untuk membagi pembayaran secara otomatis melalui aplikasi GoPay. Dengan hanya memfoto struk, pengguna bisa langsung menagih dan membayar tagihan tanpa ribet.

Kelvin menjelaskan, fitur ini hadir dari kebutuhan sehari-hari yang sering dialami masyarakat. Biasanya, menghitung pembagian tagihan secara manual bisa cukup merepotkan, terutama saat patungan. 

“Fitur Split Bill kami buat untuk memudahkan berbagai pengeluaran bersama, mulai dari makan di restoran, pembayaran arisan, hingga biaya liburan dan tagihan bulanan,” papar Kelvin.

Fitur Split Bill ini bisa menjadi solusi tepat untuk menghitung tagihan secara otomatis, seperti pada saat makan bersama di restoran. Tidak hanya pembagian pesanan makanan dan minuman, fitur ini juga mengakomodasi pajak dan biaya layanan secara otomatis.

Manfaat Fitur Split Bill GoPay

GoPay menawarkan sejumlah kemudahan bagi penggunanya dalam berbagi tagihan melalui fitur ini. Berikut beberapa manfaat utamanya:

1. Penghitungan Struk Secara Otomatis

Dengan teknologi kecerdasan buatan Optical Character Recognition (OCR) yang dikembangkan oleh tim internal GoTo, fitur Split Bill mampu membaca dan menghitung tagihan secara otomatis dengan tingkat akurasi lebih dari 90%. 

"Hanya dengan memfoto struk, teks pada struk akan terbaca secara otomatis. Teknologi OCR by GoTo AI memungkinkan penghitungan jumlah patungan dilakukan secara otomatis tanpa perlu repot menghitung manual," tambah Kelvin.

Teknologi ini mengubah cara kita membagi pengeluaran bersama menjadi lebih cepat dan akurat, tanpa perlu alat bantu lain seperti kalkulator.

Ada dua pilihan cara menggunakan fitur ini di aplikasi GoPay. Pertama, pengguna bisa memfoto struk untuk perhitungan otomatis. Kedua, pengguna dapat membagi nominal secara merata atau sesuai kebutuhan tanpa harus menggunakan struk.

2. Tagihan Utang Jadi Lebih Mudah

Dalam budaya Indonesia, seringkali menagih utang terasa canggung dan menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, dengan fitur Split Bill di GoPay, pengguna bisa dengan mudah menagihkan utang langsung lewat aplikasi. 

"Pengguna cukup memfoto struk pembayaran dan menagihkan ke teman yang terdaftar di GoPay melalui nomor telepon. Tidak perlu lagi repot mencari rekening tujuan atau menanyakan metode pembayaran, semua sudah terintegrasi dalam satu aplikasi,” jelas Kelvin.

Bahkan, jika teman yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay atau Gojek, mereka akan menerima notifikasi tagihan melalui WhatsApp, sehingga memudahkan proses pembayaran.

3. Cek Status Pembayaran Secara Real-Time

Setelah tagihan Split Bill dibuat, setiap anggota patungan akan menerima notifikasi "Bayar Split Bill" di aplikasi GoPay mereka. 

Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui nomor telepon tanpa harus menanyakan nomor rekening. Notifikasi pembayaran akan muncul secara otomatis sehingga tidak perlu lagi mengirim bukti transfer secara manual.

Menurut data internal GoPay, jumlah transfer antar pengguna melalui aplikasi ini mengalami lonjakan hingga 10 kali lipat dalam satu tahun terakhir. Sejak diluncurkan pada Juli 2023, aplikasi GoPay telah diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna di seluruh Indonesia.