<p>Siswa SMK/Foto: Kemendikbud</p>
Nasional

Setara Diploma 1, Masa Studi SMK akan Jadi Empat Tahun

  • JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah masa belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun. Selanjutnya lulusan SMK akan disetarakan dengan diploma satu atau dua dan bisa langsung bekerja di sektor industri. “Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau setara dengan diploma […]

Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah masa belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun. Selanjutnya lulusan SMK akan disetarakan dengan diploma satu atau dua dan bisa langsung bekerja di sektor industri.

“Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau setara dengan diploma satu atau diploma dua. Terutama untuk program studi tertentu,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud) Wikan Sakarinto dalam webinar di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020

Penambahan masa belajar menjadi empat tahun ini diharapkan lulusan SMK memiliki cukup waktu untuk mendapatkan bekal sebelum terjun ke dunia usaha dan dunia industri. Siswa SMK juga diwajibkan mengikuti program praktik kerja di industri sebagai salah satu syarat kelulusan.

Kurikulum SMK, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kurikulum diharapkan dapat membangun kemampuan teknis dan kemampuan nonteknis siswa. Sehingga bisa menjadi lulusan yang fleksibel dan mampu bekerja di berbagai industri.

Sejumlah upaya dilakukan Kemendikbud untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK, mulai dari kerja sama dengan industri, peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah, praktik kerja di industri, hingga penyusunan kurikulum bersama industri.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan rebranding SMK, sehingga semakin banyak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK.