Dunia

Setelah 2 Tahun Perang, Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

  •  JAKARTA-Perang Ukraina telah memasuki tahun ketiga setelah Rusia menginvasi negar tetangganya tersebut pada 24 Februari 2024. Setelah dua tahun pertempura
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Perang Ukraina telah memasuki tahun ketiga setelah Rusia menginvasi negar tetangganya tersebut pada 24 Februari 2024. Setelah dua tahun pertempuran intensitas tinggi bagaimana perbandingan militer kedua negara tersebut.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menjadi perang brutal yang membawa banyak korban. Pentagon mengatakan perang telah membut Rusia rugi hingga US$211 miliar atau sekitar Rp3.300 triliun (kurs Rp15.630).

Negara ini juga disebut telah kehilangan US$10 miliar karena pembatalan atau penghentian penjualan senjata. Setidaknya 20 kapal angkatan laut Rusia berukuran sedang hingga besar telah ditenggelamkan di Laut Hitam. Sementara 315.000 tentara meninggal atau terluka.

Pentagon tidak menyebutkan korban di pihak Ukraina. Tetapi hampir pasti juga sangat tinggi. Sejumlah kota di negara ini hancur berantakan. Ekonomi negara tersebut telah tergantung pada bantuan negara lain. 

Presiden Ukraina Volodymir Zelenksy baru-baru ini mengatakan sebanyak 31.000 tentaranya meninggal dunia. Jumlah yang hampir pasti dikecilkan dari angka sebenarnya. 

Pertempuran sepanjang 2 tahun juga berlangsung keras. Ribuan senjata dan peralatan telah hancur atau direbut lawan. 

Lembaga pemikir International Institute for Strategic Studies (IISS) yang berbasis di London IISS baru-baru ini memperbarui basis data Military Balance+ miliknya. Data yang menilai kemampuan pertahanan militer di seluruh dunia. 

Berikut ini perbandingan jenis sistem dan titik data tertentu antara Rusia dan Ukraina, berdasarkan data dari IISS dan dikutip dari Defense News Senin 26 Februari 2024. Data tersebut diambil pada bulan November. Ini berarti mencakup perang selama hampir dua tahun.

Kekuatan Personel

Kekuatan Darat

Kekuatan Udara

Kekuatan Laut

Kekuatan Airborne

Anggaran Pertahanan

Catatan:

  • Kendaraan Tempur Lapis Baja atau armored fighting vehicles adalah kendaraan tempur lapis baja dengan bobot tempur minimal 6 metrik ton.
  • Artileri mencakup senjata api, howitzer, peluncur roket, dan mortir dengan kaliber lebih besar dari 100 mm untuk artileri dan 80 mm ke atas untuk mortir. 
  • Peluncur rudal permukaan ke permukaan adalah kendaraan peluncuran untuk mengangkut dan menembakkan rudal balistik dan jelajah permukaan-ke-permukaan.
  • Pertahanan Udara mencakup senjata api, senjata energi terarah, dan peluncur rudal permukaan-ke-udara yang dirancang untuk menyerang pesawat sayap tetap, sayap putar, dan pesawat tak berawak.