Gaya Hidup

Setelah 7 Dekade, IKEA Stop Cetak Katalog Tahun Ini

  • STOCKHOLM – Raksasa furnitur hemat IKEA menghentikan publikasi katalog, tradisi yang dilakukannya selama 7 dekade, saat pembeli beralih ke online. Salah satu publikasi tahunan terbesar di dunia itu mencapai puncaknya pada 2016, ketika lebih dari 200 juta eksemplar didistribusikan ke rumah tangga dan toko IKEA di lebih dari 50 pasar. Edisi pertamanya dengan sampul yang […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

STOCKHOLM – Raksasa furnitur hemat IKEA menghentikan publikasi katalog, tradisi yang dilakukannya selama 7 dekade, saat pembeli beralih ke online.

Salah satu publikasi tahunan terbesar di dunia itu mencapai puncaknya pada 2016, ketika lebih dari 200 juta eksemplar didistribusikan ke rumah tangga dan toko IKEA di lebih dari 50 pasar.

Edisi pertamanya dengan sampul yang menampilkan MK Wing Chair beredar pada 1951, dicetak sebanyak 285.000 eksemplar dan didistribusikan di Swedia selatan. Sedangkan, edisi terakhir, yakni tahun ini, mencapai 40 juta eksemplar.

Keputusan IKEA untuk menyetop publikasinya merupakan bagian dari dorongan untuk menjadi lebih digital karena konsumen cenderung mencari inspirasi secara online serta berbelanja melalui web. Dalam 12 bulan hingga akhir Agustus 2020, penjualan online IKEA melonjak 45%.

“Jumlah salinan turun, tetapi kami melihat bahwa orang-orang jauh lebih banyak menggunakan situs web, aplikasi, dan media sosial kami. Katalog menjadi semakin tidak penting, ”kata Konrad Gruss, Managing Director di franchisor Inter IKEA Systems, divisi dari pemilik merek Inter IKEA Group, dikutip Reuters, Senin, 7 Desember 2020.

Dia menegaskan bahwa minat orang pada katalog menurun.

Gruss mengaku emosional atas keputusan tersebut karena katalog telah menjadi bagian besar dari IKEA untuknya dan untuk karyawan lain.

“Ini (katalog) menjadi hal yang sangat penting bagi kami,” katanya.

Katalog menjadi bagian besar dari anggaran pemasaran IKEA. Uang yang dihemat akan digunakan untuk pemasaran online dan saluran lain.

Gruss mengatakan saat ini IKEA tengah mengerjakan publikasi cetak yang lebih kecil dengan fokus pada penyediaan inspirasi perabotan rumah. Publikasi ini akan tersedia di toko-toko pada tahun depan.