<p>Warga mengakses salah satu platform e-commerce untuk berbelanja secara daring melalui gawai dalam rangka Hari Belanja Online Nasional atau &#8216;Harbolnas 11.11&#8217; di Tangerang, Banten, Rabu, 11 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Setelah Harbolnas, BUMN Bikin Festival Diskon Nasional

  • Kegiatan tersebut akan melibatkan 4 Bank Himbara, 24 BUMN dan afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5.000 merchant konvensional, 211.000 merchant UMKM, dan 5 platform uang elektronik.

Gaya Hidup
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sejumlah perusahaan pelat merah berkolaborasi menyelenggarakan Festival Diskon Nasional (FDN). Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong pemulihan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

FDN akan dilaksanakan pada 16-31 Desember 2020 dengan menawarkan promo menarik untuk mendongkrak animo masyarakat berbelanja produk lokal. Kegiatan tersebut akan melibatkan empat Bank Himbara, 24 BUMN dan afiliasi. Kemudian, 65 mitra e-commerce, 5.000 merchant konvensional, 211.000 merchant UMKM, dan lima platform uang elektronik.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN sekaligus Ketua Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN Loto S. Ginting menjelaskan, event yang menawarkan berbagai diskon menarik dari berbagai produk berkualitas hasil merchant lokal tersebut diharapkan menjadi  pemicu kebangkitan sektor UMKM untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

“Mengusung tema ‘Beli Satu Tumbuh Seribu’, kami ingin membuka wawasan masyarakat bahwa setiap transaksi belanja mereka di FDN ini akan menghasilkan efek bola salju yang besar karena bisa mendukung keberlangsung usaha lebih dari satu pelaku UMKM, apalagi pada situasi sulit seperti saat ini,” kata Loto dalam sebuah konferensi virtual di Jakarta, Selasa 15 Desember 2020.

Ia bilang, FDN 2020 ini merupakan event pamungkas rangkaian kampanye #BanggaBuatanIndonesia (BBI) yang diselenggarakan pemerintah. Kampanye ini dimaksudkan untuk meningkatkan konsumsi produk dalam negeri, serta menyelamatkan ekonomi Indonesia dari tekanan pandemi.

“Kampanye BBI merupakan sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN dan Perusahaan-perusahaan BUMN yang dikoordinir Bank Mandiri,” jelasnya.

Bersamaan dengan HBDI

Loto berharap, event ini dapat memberikan dampak post-event yang signifikan. Di mana, merchant lokal berkualitas akan semakin dikenal dan transaksi belanja meningkat sesudah event berakhir.

Sementara itu, Anggota Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN, Aquarius Rudianto mengungkapkan, rangkaian acara ini juga hasil kolaborasi dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Pelaksanaan kegiatan pun, sambungnya, bertepatan dengan program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diinisiasi oleh Hippindo. Kegiatan ini turut melibatkan pengrajin-pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam Bazar Milenial.

“Kami juga menggandeng Rumah BUMN dan pasar digital Padi UMKM untuk mendapatkan partisipasi pelaku UMKM yang benar-benar potensial dan berkualitas,” tutur pria yang juga menjabat Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri tersebut.

Adapun merchant dalam ajang ini dikelompokkan dalam 7 kategori. Kategorinya yakni Fashion, Craft, Food and Beverages, Health & Beauty, Hobby & Lifestyle, Tourism, dan Telco. Sedangkan, informasi detail mengenai penyelenggaraan FDN dapat diakses melalui www.festivaldiskonnasional.com. (SKO)