Setelah merancang ibu kota negara (IKN) Nusantara, kini Nyoman Nuarta membuat patung Presiden Joko Widodo untuk ditempatkan di Sirkuit Mandalika.
Gaya Hidup

Setelah IKN, Nyoman Nuarta Buatkan Patung Jokowi untuk Ditempatkan di Mandalika

  • Setelah merancang ibu kota negara (IKN) Nusantara, kini seniman Nyoman Nuarta membuat patung Presiden Joko Widodo untuk ditempatkan di Sirkuit Mandalika.
Gaya Hidup
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Maestro seni patung Indonesia asal Bali, Nyoman Nuarta, kembali menggegerkan publik melalui karya seni monumentalnya. Setelah merancang ibu kota negara (IKN) Nusantara, kini dia membuat patung Presiden Joko Widodo untuk ditempatkan di Sirkuit Mandalika.

Seperti dilihat di akun Instagram-nya, patung tersebut menggambarkan Presiden Jokowi sedang mengendarai sepeda motor.

Sekilas, motor tersebut menyerupai jenis motor yang digunakan Jokowi ketika meresmikan Pertamina Circuit Street Mandalika pada 12 November 2021 lalu.

Kala itu, Jokowi menggunakan motor jenis Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi. Motor tersebut berwarna dominan hijau dengan campuran warna kuning.

Motor tersebut sebetulnya pernah digunakan Jokowi saat menjajal jalan perbatasan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis, 19 Desember 2019.

Membuat patung seorang pemimpin bukanlah hal baru dalam dunia seni. Di banyak negara, para pemimpin sering dilukiskan dengan menunggang kuda.

Namun, untuk Jokowi, Nyoman melukiskan sebagai pengendara motor. Hal ini menggambarkan sisi lain dari Jokowi yang sering melakukan akrobat motor ketika meresmikan sebuah proyek atau event.

Selain ketika meresmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi pernah melakukan sebuah akrobatik yang elegan ketika membuka seremoni Asian Games 2018. Kala itu, dia menunggangi sepeda motor Yamaha FZ1.

Nyoman mengatakan bahwa pembuatan patung Jokowi mengendarai motor saat ini sudah mencapai tahap finishing. Sebentar lagi, patung tersebut akan dipajang di depan gapura Sirkuit Mandalika menjelang ajang balap motor MotoGP 2022.

"Rencana patung ini akan di taruh di pintu gerbang. Untuk di Mandalika," katanya dikutip Senin, 14 Februari 2022.

Dia mengaku senang bisa mempersembahkan hasil karya terbaiknya untuk presiden dua periode tersebut. Dengan adanya patung tersebut di Mandalika, diharapkan menjadi simbol dari visi pembangunan yang dicanangkan Jokowi.

"Senang rasanya mengerjakan patung orang yang kita banggakan," ungkapnya.

Nyoman menyebutkan pembuatan patung tersebut merupakan inisiatifnya sendiri bersama dengan beberapa temannya. Bahkan Jokowi sendiri belum mengetahui adanya patung ikonik tersebut.

"Ini inisiatif kita-kita. Saya kebetulan juga sudah pernah buat patung seperti ini tapi bukan Pak Jokowi," katanya ketika wawancara dengan sebuah televisi swasta.

Dia mengaku begitu terkesan dengan visi pembangunan Jokowi. Tidak hanya itu, kerpibadian Jokowi yang sederhana, membuatnya tergerak hati untuk melukiskannya dalam bentuk karya seni sehingga bisa dinikmati banyak orang, termasuk turis asing.

"Saya itu agak terkesan dengan Presiden kita. Satu, beliau itu kan ada istimewa, belum pernah Presiden bermotor yang biasanya kita lihat kan pakai mobil yang panjang. Setelah balapan, minimal ada turis itu foto-foto di depan patung Presiden kita," ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, patung Jokowi tersebut akan dibawa ke Mandalika menggunakan kapal. Saat ini, patung tersebut dibuat di studionya di Bandung, Jawa Barat.

"Rencananya ngepak dua hari lagi setelah itu besoknya berangkat. Paling cepat lima hari kalau tidak ada gelombang," ungkapnya.