Salah satu perusahaan di bawah naungan Kalla Grup
Korporasi

Setelah Kuasai Pasar Indonesia Timur, Kalla Aspal Siap Lebarkan Sayap

  • Perusahaan unit usaha KALLA Group itu kini ingin mengembangkan sayap ke Indonesia bagian barat.

Korporasi

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Kalla Aspal merupakan salah satu agen aspal yang beroperasi dan memasarkan sebagian besar produknya di kawasan Indonesia Timur. Perusahaan unit usaha KALLA Group itu kini ingin mengembangkan sayap ke Indonesia bagian barat.

Setelah berhasil melakukan ekspansi pasar di Sulawesi dan wilayah Indonesia Timur lainnya, perusahaan ini direncakanakan akan melebarkan sayap usahanya ke wilayah Banten. “Karena murah dan praktis kalau kita ambil di Jawa dan bahan baku aspal sudah ada dimana-mana,” ungkap Burhanuddin Lestim, Chief Operation Officer (COO), dikutip dari Antara, Jumat 21 Juli 2023. 

Selain itu, Kalla Aspal berencana melebarkan sayap ke Kalimantan meskipun sudah terdapat beberapa unit usahanya di sana. Potensi di Pulau Borneo membuat Kalla Aspal ingin mengembangkan usaha di Kalimantan Utara. “Tidak hanya melebarkan sayap usaha, kami juga akan melakukan pengembangan produk terbaru,” ujar Burhanuddin.

Di Indonesia Timur, Kalla Aspal memiliki setidaknya 13 Terminal Aspal Curah (TAC). Terminal tersebut tersebar di berbagai wilayah seperti di Kota Parepare, Palu, Banjarmasin, Samarinda, Kendari, Gorontalo, Mamuju, Sorong, Jayapura, Bulungan, Luwuk, Lombok, dan Pontianak. 

Keberadaan TAC yang tersebar memudahkan dalam memberikan layan serta menjangkau konsumen yang berada di daerah tersebut maupun sekitarnya. Adapun TAC pertama milik Kalla Aspal berada di Parepare. Saat itu TAC di Parepare berfungsi memenuhi kebutuhan bahan baku Bumi Karsa. 

Perusahaan ini juga masih satu group dengan Kalla Aspal dalam naungan bisnis KALLA. Namun karena permintaan yang cukup banyak utamanya dari Sulawesi pada saat itu, Kalla Aspal akhirnya melayani permintaan untuk masyarakat umum.

Berdiri Sejak 1988

Aspal yang diproduksi dan dipasarkan oleh Kalla Aspal yaitu berjenis aspal emulsi. Aspal jenis emulsi yang diproduksi oleh Kalla Aspal terbagi menjadi dua jenis, di antaranya Tack Coat dan Prime Coat. Tack Coat merupakan lapisan aspal cair yang berfungsi sebagai perekat antara aspal lama dengan aspal baru. 

Sedangkan Prime Coat merupakan lapisan perekat yang memberi ikatan antara lapis pondasi dengan campuran aspal di atasnya. Kedua aspal tersebut menjadi andalan Kalla Aspal di wilayah Indonesia karena banyak dicari oleh konsumen yang hendak menggunakan. 

Sebagai infromasi, Kalla Aspal merupakan Perusahaan Agen Aspal Curah dari PT. Pertamina untuk wilayah Indonesia Timur seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua & Nusa Tenggara. Berdiri sejak 1988, Kalla Aspal banyak mengelola pembangunan infrastruktur di pelosok Indonesia Timur, dikutip dari Kalla a Group of Companies.