Tekno

Setelah Ribuan Tahun, Sumber Air Sungai Nil Tetap Membingungkan

  • Bahkan saat ini di zaman satelit dan pengetahuan geofisika yang sangat maju, teka-teki tentang sumber Sungai Nil masih tidak sesederhana yang kita duga.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Apa sumber air Sungai Nil? Meskipun kedengarannya seperti pertanyaan mudah, asal muasal sungai terpanjang di planet Bumi telah membingungkan manusia selama ribuan tahun. 

Bahkan saat ini di zaman satelit dan pengetahuan geofisika yang sangat maju, teka-teki  tentang sumber Sungai Nil masih tidak sesederhana yang kita duga.

Jawaban sederhananya adalah bahwa Sungai Nil memiliki dua sumber utama yakni  Nil Biru dari Ethiopia serta Nil Putih dari Danau Besar Afrika dan sekitarnya.  Nil Biru disebut menyumbang dua pertiga dari semua debit Nil.

Namun jika  mundur beberapa langkah dalam sejarah, kita akan melihat hal-hal menjadi kurang jelas. Bangsa Romawi kuno memiliki peribahasa "Nili caput quaerere,". Bahasa Latin berarti "mencari kepala Sungai Nil".  Peribahasa ini digunakan untuk menggambarkan upaya gila untuk sesuatu yang tidak dapat atau tidak mungkin dicapai.

Dikutip dari IFL Science 14 Maret 2023, orang Romawi memang benar-benar berusaha menemukan sumber Sungai Nil dalam misi yang diluncurkan oleh kaisar Nero pada tahun 60 hingga 61 M. Dengan bantuan pemandu Etiopia, sekelompok kecil pasukan khusus kaisar menuju ke Afrika di sepanjang Sungai Nil ke tempat yang tidak diketahui.

Tidak jelas di mana mereka mengakhiri penyelidikan mereka. Meskipun dikatakan mereka mencapai perairan yang signifikan yang mereka yakini sebagai sumbernya. Beberapa orang mengatakan daerah tersebut saat ini dikenal sebagai  ngarai di dekat Juba di Sudan Selatan. Sementara yang lain percaya bahwa mereka mencapai lebih jauh ke selatan di Uganda di sekitar Air Terjun Murchison.

Apapun itu mereka akhirnya gagal memecahkan misteri itu. Nero meninggal karena bunuh diri pada tahun 68 M dan tampaknya pencarian tersebut hilang dari agenda. Terutama setelah mereka mengesampingkan kemungkinan untuk menyerang Afrika di luar Mesir Romawi.

Sebelum orang Romawi, orang Mesir Kuno sangat ingin menemukan asal usul Sungai Nil. Paling tidak karena peradaban ini mengandalkan airnya untuk menyuburkan tanah mereka dan berfungsi sebagai jalur transportasi.

Diyakini mereka menelusuri Sungai Nil hingga Khartoum di Sudan. Ini menjelaskan sumbernya sebagai Sungai Nil Biru dari Danau Tana, Ethiopia. Ekspedisi yang diperintahkan oleh Firaun Ptolemeus II Philadelphus, yang memerintah Mesir pada abad ke-3 SM. Laporan menyebutkan misi itu menemukan bahwa sumber Sungai Nil Biru mungkin berasal dari pegunungan Etiopia.

Wawasan Nil Biru berada di jalur yang benar, tetapi tidak ada bukti bahwa orang Mesir kuno pernah menjelajahi bagian kunci lain dari teka-teki ini, Nil Putih.

Dua Sumber

Saat ini, sebagian besar disepakati bahwa Sungai Nil memiliki dua sumber. Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih, yang bertemu di ibu kota Sudan, Khartoum, sebelum berlanjut ke utara menuju Mesir. Nil Biru muncul dari timur di Danau Tana Ethiopia, sedangkan Nil Putih muncul dari sekitar Danau Victoria  di Jinja, Uganda.

Inilah mengapa Danau Victoria, danau terbesar di Afrika berdasarkan luasnya, sering dianggap sebagai sumber Sungai Nil. Namun,  poin ini lebih kompleks daripada yang pertama kali terlihat. Menulis di majalah Geographical pada tahun 2016, petualang terkenal Sir Christopher Ondaatje menjelaskan bahwa Danau Victoria sendiri merupakan reservoir yang dialiri oleh sungai lain.

Pada tahun 1996, Ondaatje melakukan ekspedisi melalui Afrika untuk menemukan sumber sungai Nil. Dia  menemukan bahwa air Danau Victoria mengalir ke Danau Albert. Sungai Nil Putih tidak langsung mengalir keluar dari Danau Albert, melainkan dari Sungai Kagera dan Sungai Semliki yang berasal dari Pegunungan Ruwenzori di Republik Demokratik Kongo. Pada akhirnya, menurutnya Nil Putih dapat langsung ditelusuri kembali ke Sungai Kagera dan Sungai Semliki.

Semua mengatakan, jelas bahwa Sungai Nil tidak memiliki asal tunggal dan dialirkan melalui sistem sungai yang kompleks dan badan air lainnya. Meskipun merupakan gagasan bahwa sumbernya dapat ditunjukkan dengan tepat di peta, kenyataannya jarang sesederhana itu.