Teknologi Baterai Listrik Shanghai Electric
Industri

Shanghai Electric Kirim Teknologi Baterai VRFB Besar-besaran ke Eropa

  • Pengiriman ini menjadi langkah awal Shanghai Electric dalam mengirimkan produk baterai listrik dalam jumlah besar ke mitra di Eropa.
Industri
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

ZARAGOZA - Shanghai Electric telah berhasil melaksanakan uji coba peralatan baterai listrik vanadium redox flow battery (VRFB). Peralatan tersebut saat ini dalam proses pengiriman ke Zaragoza, Spanyol dan akan digunakan dalam proyek penyimpanan energi berskala besar. 

Melalui kerja sama dengan perusahaan lokal di Spanyol, Shanghai Electric akan menyediakan produk VRFB yang telah dipesan khusus untuk penyimpanan daya pada  proyek pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan guna memenuhi kebutuhan energi di wilayah tersebut. 

Pengiriman ini menjadi langkah awal Shanghai Electric dalam mengirimkan produk baterai listrik dalam jumlah besar ke mitra di Eropa. Saat ini Shanghai Electric tengah melakukan negosiasi untuk pelaksanaan proyek pengembangan berbagai sistem teknologi energi terbarukan. Selain itu, perusahaan merencanakan kerja sama dalam pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas megawatt. 

Dilansir siaran pers Shanghai Electric, Jumat 11 Agustus 2023, pada tahun 2023, Shanghai Electric berhasil meluncurkan sistem penyimpanan energi VRFB berkapasitas 500 kW/3000 kWh. Langkah ini merupakan lompatan besar dalam pengembangan teknologi VRFB yang membawa peluang baru dalam penyimpanan energi terbarukan, sekaligus membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil di China dan negara lain. 

Teknologi penyimpanan energi memiliki peran penting dalam perubahan menuju energi terbarukan dan ramah lingkungan.  Shanghai Electric telah memimpin dalam inovasi produk VRFB untuk meningkatkan potensi penggunaan energi yang berkelanjutan.

Sistem ini menggunakan baterai 65 kW yang kuat dan efisien, dengan tingkat efisiensi keseluruhan mencapai 90%. Sistem ini dapat dioperasikan pada suhu dan tekanan normal tanpa risiko kebakaran atau ledakan, serta memiliki masa pakai yang panjang. 

Dukungan dari teknologi baterai yang canggih memungkinkan performa operasional, selain itu teknologi ini terus dipantau dan dioptimalkan melalui algoritma cerdas. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan daya tahan baterai, menciptakan pengelolaan yang cerdas, serta menjamin keandalan produk dalam jangka panjang.

Dengan fokus yang kuat pada inovasi teknologi baterai dan ekspansi di pasar global, Shanghai Electric tetap berkomitmen untuk menyediakan solusi energi yang handal dan berkelanjutan. 

Perusahaan  akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan guna mengembangkan teknologi penyimpanan energi, meningkatkan keamanan produk serta keberlanjutan lingkungan, serta berinovasi untuk mendukung upaya pengurangan polusi karbon global dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi seluruh dunia.