Ilustrasi PT Shopee Internasional Indonesia.
Nasional

Shopee 12.12 Catatkan Peningkatan Transaksi Produk Lokal Hingga 10 Kali Lipat

  • Berbelanja melalui fitur live menjadi daya tarik utama tahun ini dengan Sesi Shopee Live mencatat peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Pada hari puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, tercatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya kami dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee,” ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna dalam keterangan resmi pada Kamis, 14 Desember 2023.

Monica mengungkapkan seiring dengan misi mereka untuk terus meningkatkan kualitas hidup pengguna, Shopee sangat gembira melihat 12.12 Birthday Sale setiap tahunnya terus memberikan lebih banyak manfaat bagi masing-masing ekosistem. 

Tahun ini, Shopee dapat mengamati bagaimana performa bisnis brand lokal dan UMKM tumbuh seiring dengan meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal. Kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli, sementara fitur terkini memberikan ruang berkreasi bagi konten kreator untuk memperluas jangkauan mereka.

Shopee juga terus memantau dinamika belanja online dan berfokus dalam mengidentifikasi perubahan tren dan preferensi yang memengaruhi keputusan berbelanja, memungkinkan inovasi Shopee untuk mendukung pertumbuhan, adaptasi, dan integrasi brand lokal serta UMKM dengan teknologi.

Berbelanja melalui fitur live menjadi daya tarik utama tahun ini dengan Sesi Shopee Live mencatat peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12. Antusiasme tinggi ini membuka peluang lebih besar bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan.

Konten visual kreatif dan informatif melalui Shopee Video menjadi ruang kreasi bagi UMKM dan Brand Lokal untuk menyampaikan informasi dan hiburan terkait produk. Puncak kampanye menunjukkan terjadinya peningkatan pesanan melalui Shopee Video mencapai 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Kampanye 12.12 Birthday Sale setiap hari mengusung tema berbeda untuk memberikan sorotan maksimal bagi brand lokal dan UMKM. Pada hari-hari tematik seperti Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day, terjadi lonjakan aktivitas belanja tertinggi.

Dua kategori favorit pengguna, yaitu fashion dan kecantikan dari brand lokal dan UMKM mencatat peningkatan signifikan. Penjualan produk lokal dalam kategori fashion meningkat hingga 6 kali lipat, sedangkan kategori kecantikan mengalami peningkatan lebih dari 8 kali lipat pada puncak kampanye.

Pengguna Shopee terus mencari berbagai produk lokal dari kategori Fashion dan Beauty, menjadikannya sebagai yang paling diminati. Brand lokal dan UMKM terus berinovasi dengan teknologi untuk memenuhi setiap preferensi individu.

Tren fashion yang terus berkembang mendorong kreativitas anak bangsa. Produk seperti celana jeans, jam tangan, dan kemeja menjadi pilihan utama dalam kategori fashion. Di sisi lain, produk kecantikan lokal seperti parfum, lip cream, dan moisturizer semakin menunjukkan popularitasnya.

Kategori Set Hadiah dan Hampers juga mendapatkan perhatian pada kampanye 12.12, dengan masyarakat menyukai kebiasaan berbagi hampers natal dan tahun baru. Brand lokal dan UMKM mendukung tren ini, dengan kartu ucapan dan kertas kado menjadi produk pilihan untuk persiapan hampers akhir tahun pada kampanye 12.12 ini.