Dukung UMKM Lokal, Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung Kini Dibuka
Fintech

Shopee Buka Kantor di Solo, Targetkan Serap 2.000 Tenaga Kerja

  • JAKARTA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meresmikan kantor Shopee Indonesia di Paragon Mall Solo. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja men
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Shopee Indonesia meresmikan kantor Shopee Indonesia di Paragon Mall Solo. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menargetkan, pembukaan kantor ini dapat menyerap  2.000 lapangan pekerjaan pada 2022. Di samping membantu mendukung ekosistem UMKM daerah.

"Pada 2022 kami menargetkan bisa menciptakan 2.000 lapangan kerja baru di Solo dan juga membantu ekosistem pendukung UMKM dan banyak bisnis. Saya percaya pertumbuhan ekonomi Indonesia dimulai dari daerah," kata Handhika dalam konferensi pers, Senin 11 Oktober 2021.

Sebelum membuka kantor baru, Shopee juga telah meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo pada Mei 2021. Kampus UMKM Shopee Ekspor berdiri atas dasar potensi besar dan harapan untuk membuat UMKM naik kelas. 

"Kami berharap bisa bersaing di pasar global juga, dalam 5 bulan kami melihat antusiasme yang baik dari pelaku usaha dan penjual. Sekarang sudah ada 6.500 UMKM di Kota Solo yang berhasil menjual ke pasar ekspor," lanjut dia.

Jumlah UMKM yang telah melakukan ekspor bahkan hampir mendekati target yang ditetapkan Shopee, yakni ada 10.000 UMKM  pada 2021.

Handika memastikan para karyawan bisa bekerja dengan aman, nyaman, dan produktif. Dengan begitu UMKM di Solo bisa naik kelas dari sisi produk dan kualitas SDM. Sehingga, diharapkan para pekerja yang berasal dari Solo tidak perlu jauh-jauh ke Ibu Kota untuk berkarir.

"Tidak perlu beranjak dari kota kelahiran kita untuk bekerja di perusahaan. Tidak perlu ke kota besar lain, tapi kita bisa tetap di Solo membesarkan tanah kelahiran, dan Shopee bangga bisa membawa Solo menjadi bagian dari ekosistem digital dunia," tegas dia.

Dengan dibukanya kantor Shopee di Solo, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi komitmen e-commerce untuk mengembangkan ekonomi digital daerah.

"Kita lihat sendiri Shopee ini dari pegawainya didominasi anak muda dan tidak hanya berhenti di sini, dengan adanya kantor Shopee dan yang ada di Solo Techno Park menunjukkan komitmennya," kata Gibran.