<p>Pekerja membersihkan area peron di dekat rangkaian kereta api jarak jauh KA Serayu relasi Pasar Senen- Purwokerto saat diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jum&#8217;at 12 Juni 2020. PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan kereta api (KA) jarak jauh dan KA lokal reguler secara bertahap mulai hari ini. pengoperasian kembali KA Reguler ini akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Siaga Libur Nataru, KAI Operasikan 56 Kereta Tambahan hingga 8 Januari 2023

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 56 kereta api tambahan untuk periode keberangkatan di tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 56 kereta api tambahan untuk periode keberangkatan di tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Adapun tiket tambahan tersebut sudah bisa dipesan mulai 22 November 2022 melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, pihaknya sudah menambah sebanyak 513.348 tempat duduk atau rata-rata 28.519 tempat duduk per hari.

Kereta api tambahan tersebut akan tersedia untuk perjalanan dengan rute favorit seperti Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Bandung-Purwokerto pp, Yogyakarta-Surabaya pp, dan lainnya.

"Kereta api tambahan pada momen Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, KAI sediakan agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari," kata Joni dalam keterangan resmi, Rabu, 23 November 2022.  

Kereta api tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya

Kendati demikian, penjualan tiket kereta api reguler Nataru saat ini masih tersedia. Sejak dibuka pada 7 November 2022, tiket kereta api jarak jauh pada masa Nataru yang telah dijual sampai dengan 22 November 2022 adalah sebanyak 184.821 tiket.

Menurut Joni, jumlah itu akan terus bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket kereta api masa libur Nataru masih cukup banyak tersedia. Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 keberangkatan.

Adapun KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran COVID-19 melalui transportasi kereta api.

Untuk menggunakan kereta api jarak jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.