IDX
Nasional

Siap IPO, Jayamas Medica (OMED) Incar Dana hingga Rp1,25 Triliun

  • PT Jayamas Medica Industri (OMED) produsen alat kesehatan mengumumkan siap melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Jayamas Medica Industri (OMED) produsen alat kesehatan mengumumkan siap melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Merujuk pada prospektus, OMED akan melepas 4,05 miliar lembar saham atau setara dengan 15% modal ditempatkan dengan kisaran harga Rp204-310 per lembar. Perusahaan juga berpotensi meraup dana sebesar Rp828 miliar hingga Rp1,25 triliun.

Direktur Pemasaran OMED Louis Hartanto, mengungkapkan, sekitar 72,19% dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha sebagai belanja modal (capex) dan modal kerja.

"Kemudian sebesar 22,87% akan diberikan kepada anak usaha yaitu PT Intisumber Hasil Sempurna Global untuk capex dan modal kerja," kata Louis dalam keterangan resmi, Jumat, 7 Oktober 2022.

Ia menambahkan, 4,94% sisanya akan diberikan kepada anak usaha lainnya yaitu PT Inti Medicom Retailindo dalam bentuk setoran modal untuk capex dan modal kerja serta memperluas jaringan distribusi dan retail.

Lebih lanjut OMED juga akan mengadakan program Opsi Kepemilikan Saham Kepada Manajemen dan Karyawan (Management and Employee Stock option Program/MESOP) dengan nilai Rp126,22 juta lembar saham yang setara dengan 0,55%.

Dalam IPO kali ini, OMED menunjuk 3 penjamin emisi, yang terdiri dari Ciptadana Sekuritas Asia, CLSA Sekuritas Indonesia, dan CIMB Niaga Sekuritas. 

Di masa mendatang, OMED berencana membayar dividen kepada pemegang saham sebanyak 25% dari laba setiap tahun. Pembagian dividen akan dilaksanakan mulai 2022. 

Dividen tersebut tergantung pada arus kas dan rencana investasi perseroan.