<p>Pembangunan Sirkuit Mandalika yang akan dipakai sebagai seri penutup WSBK 2021. Foto: Instagram @motogpmandalika</p>
Destinasi & Kuliner

Siap Sambut World Superbike, Konstruksi Jalan Sirkuit Mandalika Sudah 78,6 Persen

  • PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkapkan progres pembangunan jalanan kawasan khusus (JKK) The Mandalika sudah mencapai 78,6% pada minggu keempat Juni 2021.

Destinasi &amp; Kuliner
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau  Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengungkapkan progres pembangunan jalanan kawasan khusus (JKK) Sirkuit Mandalika sudah mencapai 78,6% pada minggu keempat Juni 2021.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga mengembangkan The Nusa Dua Bali ini juga mengungkapkan progres tersebut mencakup pekerjaan pengaspalan lintasan utama (main track) dan jalan layanan (service road).

“Kami harap seluruh kegiatan konstruksi berjalan dengan lancar dan optimal untuk menyambut event World Superbike (WSBK) November mendatang di The Mandalika,” ujar Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dalam siaran pers, dikutip Selasa, 29 Juni 2021.

Untuk pekerjaan main track, ITDC telah menyelesaikan aspal lapis pertama atau yang disebut dengan AC-Base untuk keseluruhan lintasan sepanjang 4,31 km. Pengerjaan AC-Base ini akan dilanjutkan aspal lapis kedua yang juga disebut AC-Binder dan terakhir aspal lapis ketiga Surface SMA.

Sementara itu, pengerjaan service road saat ini telah teraspal sekitar 7,5 km dari total 8,12 km. Service road terletak di sisi main track dan berfungsi sebagai pelayanan darurat jika terjadi kecelakaan. Jalan ini juga dapat diakses oleh operator balapan dan ambulans.

Selain itu, saat ini juga dilakukan beberapa pekerjaan lain, yaitu penghamparan gravel bed, proses fabrikasi, pemasangan concrete barrier, pagar debris fence, pitwall geobrugg, landscaping (pohon dan rumput) dan pekerjaan drainase permukaan kawasan JKK serta pekerjaan pondasi borepile bangunan race control.

Race control adalah ruangan khusus yang diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. Di sini diperlukan peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, jaringan Wi-Fi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu dan transponder.

“Kami puas dengan kemajuan pekerjaan JKK hingga saat ini dan memastikan bahwa pekerjaan akan terus berjalan sesuai dengan timeline, termasuk target homologasi pada semester kedua 2021 ini,” kata Bram.

Dalam upaya memastikan kualitas pengaspalan dan penyelesaian JKK sesuai dengan target, ITDC melakukan pemantauan perkembangan dan progres harian secara berkala melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

MGPA adalah unit usaha ITDC yang secara khusus mengelola JKK, termasuk melakukan pemantauan perkembangan pembangunan, perawatan, dan penyelenggaraan event yang akan digelar di area tersebut.

Tahun ini, Sirkuit Mandalika masuk ke dalam kalender kompetisi balap WSBK 2021. Di dalam kalender tersebut, Mandalika diplot sebagai seri penutup kelas balap motor produksi massal tertinggi ini pada 12-14 November.

Tahun depan, sirkuit ini juga direncakan dapat digunakan untuk ajang balap motor kelas prototipe tertinggi di dunia, MotoGP. Selain MotoGP, sirkuit juga dipakai untuk balapan kelas di bawahnya, yaitu Moto2 dan Moto3. (RCS)