<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Siap-Siap! 20 Pekerjaan Ini Akan Mulai Menghilang pada 2025

  • Inilah beberapa pekerjaan yang diprediksi akan mulang menghilang pada tahun 2025.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan dan perkembangan teknologi akan membuat hal-hal di sekitar kita akan mengalami perubahan. Salah satu hal yang akan berubah adalah dunia kerja karena keterlibatan teknologi.

World Economic Forum melakukan penelitian ekstensif di seluruh perubahan persyaratan pekerjaan dan tuntutan keterampilan pengusaha untuk menentukan di sektor apa perubahan besar akan terjadi.

Seperti yang dilansir dari laman Yahoo Finance, pada tahun 2020, para peneliti memperkirakan bahwa ada 85 juta pekerjaan mungkin akan tergeser oleh perubahan besar-besaran dalam pembagian antara tenaga kerja manusia dan mesin pada tahun 2025 nanti.

Namun, penting untuk dicatat bahwa perubahan ini bukan berarti pergantian peran secara tiba-tiba. Prediksi tentang keterampilan dan peran yang permintaannya menurun sering kali mencerminkan tren yang sudah Anda lihat dan alami.

Anda mungkin akan melihatnya ketika perusahaan mulai bereksperimen dengan mesin di posisi berbasis layanan, AI, dan otomatisasi dalam melakukan beberapa tugas terkomputerisasi yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.

Sementara dalam beberapa kasus peran yang menghilang, teknologi justru memberikan peluang bagi peran untuk dipindahkan ke area baru dan atau untuk menciptakan posisi manajemen, strategi, dan pengawasan baru, terutama bagi pekerja yang memiliki pengalaman operasional.

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang peran yang berkurang adalah bahwa dalam beberapa hal mereka akan sejajar dan berhubungan dengan peran yang meningkat.

Jenis peran tertentu yang sedang berkurang ternyata justru membawa keterampilan dan pengalaman yang mirip yang dibutuhkan untuk peran yang sedang meningkat. Contohnya seperti petugas layanan pos mungkin akan menurun, tapi kita juga tahu bahwa kebutuhan pengiriman paket seringkali meningkat dan menghadirkan banyak peluang di sektor pengiriman. 

Berikut beberapa pekerjaan yang diprediksi akan mengalami pengurangan permintaan atau menghilang pada tahun 2025 menurut Future of Jobs Survey 2020, World Economic Forum.

1. Petugas entri data

2. Sekretaris administrasi dan eksekutif

3. Petugas akuntansi, pembukuan dan penggajian

4. Akuntan dan auditor

5. Pekerja perakitan dan pabrik

6. Layanan bisnis dan manajer administrasi

7. Informasi klien dan pekerja layanan pelanggan

8. Manajer umum dan operasi

9. Mekanik dan tukang reparasi mesin

10. Petugas pencatatan dan penyimpanan stok material

11. Analis keuangan

12. Petugas layanan pos

13. Agen penjualan grosir dan produk manusia, teknologi, dan sains

14. Manajer hubungan

15. Teller bank dan pegawai terkait

16. Penjualan dari pintu ke pintu dan pedagang kaki lima

17. Pemasang dan perbaikan elektronik dan telekomunikasi

18. Spesialis sumber daya manusia

19. Spesialis pelatihan dan pengembangan

20. Buruh konstruksi

Itu tadi beberapa pekerjaan yang diprediksi akan mulang menghilang pada tahun 2025. Melihat hal tersebut mungkin ada baiknya jika mulai sekarang Anda mulai mempelajari keterampilan baru agar tetap dapat bertahan di tengah perubahan zaman.