Gaya Hidup

Siap-Siap Cuan! Ini Resolusi Investasi Milenial Tahun 2021

  • Center of Reform on Economics (Core) Indonesia pun memperkirakan investasi di Indonesia akan kembali bertumbuh positif di kisaran 3-4% pada tahun depan.

Gaya Hidup
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Tren pemulihan ekonomi yang mulai berkembang di Indonesia diprediksi akan membawa sentimen positif untuk iklim investasi Indonesia di tahun 2021.

Center of Reform on Economics (Core) Indonesia pun memperkirakan investasi di Indonesia akan kembali bertumbuh positif pada rentang 3%-4% tahun depan.

Hal inipun sejalan dengan optimisme para pelaku pasar akan kondisi investasi pada tahun 2021 yang berpotensi menguat dengan instrumen investasi seperti saham yang akan kembali menjanjikan.

Selain itu, emas, obligasi negara juga diversifikasi aset melalui peer-to-peer lending sebagai pilihan lainnya.

Melihat hal itu, platform super financial app KoinWorks yang dikembangkan oleh PT Lunaria Annua Teknologi mendorong penggunanya yang sebagian besar milenial untuk menyiapkan resolusi manajemen portofolio investasi pada tahun baru. Caranya dengan menerapkan strategi diversifikasi aset.

Chief Marketing Officer KoinWorks, Jonathan Bryan menilai pentingnya mempersiapkan resolusi finansial setiap memasuki awal tahun baru, namun hal ini seringkali dilupakan.

Padahal, kata dia, dengan memiliki perencanaan investasi sesuai kebutuhan, target, serta profil risiko, milenials dapat lebih mudah memilih diversifikasi instrumen.

“KoinWorks mengajak masyarakat untuk melakukan diversifikasi pada instrumen investasinya juga diversifikasi pendanaan pinjaman yang dilakukan di platform kami. Sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal,” ujarnya di Jakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Dari hasil analisa KoinWorks dinyatakan bahwa pendana yang mendiversifikasi pendanaan pinjamannya ke lebih dari 50 pinjaman pada produk KoinP2P dapat memperoleh imbal hasil hingga 17%.

Angka ini merupakan periode sebelum pandemi, atau lebih tinggi hampir 3% dibandingkan dengan yang hanya mendiversifikasi ke kurang dari 50 pinjaman.

Bahkan di tengah pandemi, pendana dengan diversifikasi ke lebih dari 50 pinjaman pun masih dapat menerima imbal hasil hingga 13,8%. Sedangkan porsi risiko pinjaman yang terkendala restrukturisasi lebih rendah 3%.

Data tersebut menunjukan bagaimana diversifikasi pendanaan pinjaman dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang lebih maksimal, dan risiko yang minimal.

PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks). / Koinworks.com
Diversifikasi Investasi

KoinWorks juga mencatat rata-rata pendana aktif KoinP2P melakukan diversifikasi asetnya ke berbagai produk finansial favorit lain yang terdapat di platform KoinWorks.

Contohnya 52% pendana aktif yang memanfaatkan KoinRobo untuk mendapatkan hasil pendanaan terprediksi. Sedangkan, 47% lainnya yang juga memilih untuk melakukan investasi emas secara digital di KoinGold.

Menariknya, KoinWorks juga mencatat sekitar 76% pengguna KoinGold menggunakan sisa saldo atau bunga pendanaan. Nominalnya kurang dari Rp100.000 untuk melakukan pembelian emas. Pembelian dapat dilakukan mulai dari Rp1.000.

Selain itu, pengguna melakukan diversifikasi produk sesuai karakteristik dan profil risiko. Kemudian, pengguna mendiversifikasi jangka waktu dalam hal pengembangan portofolio aset juga terpantau memperoleh total imbal hasil 13%-20%.

“Peluang memperoleh keuntungan di tahun 2021 cenderung menjanjikan, melihat tren pemulihan ekonomi dan keberadaan vaksin COVID-19 yang jadi harapan. Karenanya menyiapkan strategi untuk terus cuan di tahun baru harus juga dimulai lebih awal,” tutup Jonathan. (SKO)