<p>Ilustrasi kartu Prakerja / Foto:www.prakerja.go.id</p>
Nasional

Siap-Siap Kartu Prakerja 2023 Kembali Dibuka, Begini Cara Daftarnya

  • Program Kartu Prakerja akan kembali dilanjutkan pada 2023 dengan target hingga 1 juta penerima manfaat.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Program Kartu Prakerja akan kembali dilanjutkan pada 2023, dengan target hingga satu juta penerima manfaat. Tak ketinggalan, besaran insentif yang akan diterima oleh peserta juga akan bertambah pada program Kartu Prakerja 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada bantuan peningkatan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja. Contohnya, bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

“Program Kartu Prakerja berlanjut pada tahun 2023 dengan pelaksanaan skema normal yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022,” ungkap Menko Airlangga dilansir pada Senin, 9 Januari 2023.

Pada tahap awal, anggaran akan dialokasikan sebesar Rp2,67 triliun untuk mencapai target sebanyak 595.000 orang. Sedangkan, untuk sisa target 405.000 orang, pemerintah akan mengajukan tambahan kebutuhan anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

Besaran bantuan yang akan diterima peserta juga mengalami penyesuaian yakni senilai Rp4,2 juta per individu. Rinciannya, bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600.000 yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei. Selain itu, pemerintah juga meningkatkan batas minimal durasi pelatihan menjadi 15 jam.

Berikut cara mendaftar Program Kartu Prakerja

1. Buka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar.
2. Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Klik 'Daftar'.
3. Lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email.
4. Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id.  
5. Masuk ke dashboard, kemudian verifikasi KTP dan KK. 
6. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto Anda.
7. Verifikasi nomor telepon, lalu klik 'Kirim'.
8. Isi deklarasi survei.
9. Terakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya