Warga melakukan penukaran uang baru untuk lebaran di mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, 20 April 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Siap-siap THR Cair! Ini Cara Mengelolanya Agar Tidak Langsung Ludes

  • Siap-siap THR cair! Ini cara mengelola THR agar tidak langsung ludes begitu saja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak hanya Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, hal lain yang ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadan yaitu tunjangan hari raya (THR). Bahkan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah juga telah resmi mewajibkan para pengusaha untuk membayar THR Lebaran 2023 paling lambat H-7 Idul Fitri 1444 H.

Tiba-tiba mendapatkan transferan uang dalam jumlah yang cukup banyak mungkin menyenangkan. Tidak heran jika banyak orang yang menantikan THR segera cair agar bisa segera belanja barang-barang kebutuhannya atau keinginannya.

Namun, ada baiknya jika Anda tetap menyikapi THR dengan mengelolanya secara bijak dan cermat. Berikut cara mengelola THR agar tidak langsung habis atau ludes gara-gara tidak dikelola dengan baik.

Cara Mengelola THR Agar Tidak Langsung Habis 

Cara Mengelola THR Agar Tidak Langsung Habis 

1. Gunakan untuk membayar utang

Biasanya, besaran THR adalah satu kali gaji. Itu artinya ketika menjelang lebaran, Anda mendapatkan gaji dua kali lipat. 

Hal itu bisa dimanfaatkan untuk membayar kewajiban terlebih dahulu, salah satunya yaitu membayar utang. Dengan langsung membayar utang, maka kondisi finansial Anda tidak akan terbebani akibat utang tersebut.

2. Gunakan untuk menabung

Ketika mendapat uang dalam jumlah yang banyak, biasanya Anda memang akan tergoda untuk segera membelanjakanya. Namun, sebelum Anda membelanjakannya, pastikan selain digunakan untuk membayar utang, THR juga perlu ditabung paling tidak 10% dari jumlah THR yang Anda peroleh.

Anda perlu mengingat bahwa Anda juga membutuhkan uang tersebut untuk bekal di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk investasi agar nilai aset atau kekayaan Anda meningkat.

3. Gunakan untuk membeli kebutuhan pokok

Gunakan uang THR untuk membeli barang atau kebutuhan pokok untuk menyambut Hari Raya. Namun, sebaiknya sebelum hari H, Anda perlu menyisihkan pendapatan Anda setiap bulan terlebih dahulu agar THR tidak hanya habis untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya.

4. Gunakan untuk keperluan lainnya

Jika THR Anda setelah digunakan untuk keperluan-keperluan di atas masih ada sisanya, Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang atau kebutuhan tambahan lainnya, seperti baju atau memberikan bingkisan kepada saudara.

Itu tadi cara mengelola uang THR agar tidak cepat ludes atau habis.