<p>Ilustrasi media sosial Facebook, Google, Twitter dan layanan digital asing dikenakan pajak / Pixabay</p>
Gaya Hidup

Siap-siap Tingkatkan Engagement di Media Sosial untuk 2021

  • JAKARTA – Bukan rahasia lagi bahwa menciptakan keterlibatan di media sosial tidak semudah masa lalu. Dan, mungkin saja, orang-orang yang sudah berhasil menaikkan keterlibatan (engagement) akunnya di media sosial melewatkan strategi utama yang dapat bisa memperkuat keterlibatan lebih jauh. Karena semakin banyak bisnis yang beralih ke Facebook dan Instagram sebagai media pemasaran – yang berarti […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Bukan rahasia lagi bahwa menciptakan keterlibatan di media sosial tidak semudah masa lalu.

Dan, mungkin saja, orang-orang yang sudah berhasil menaikkan keterlibatan (engagement) akunnya di media sosial melewatkan strategi utama yang dapat bisa memperkuat keterlibatan lebih jauh.

Karena semakin banyak bisnis yang beralih ke Facebook dan Instagram sebagai media pemasaran – yang berarti semakin kompetitif- maka kian sulit menaikkan keterlibatan akun Anda.

Keterlibatan ini ditunjukkan dari simbol suka (likes), berbagi (share), komentar (comments), penyimpanan (saves), pesan langsung (direct messages), dan lain-lain.

Jonathan Durante, Co-founder agensi pemasaran di Amerika Utara, Expandify Marketing, berbagai pengalamannya dalam periklanan media sosial.

Berikut tiga cara ampuh untuk meningkatkan keterlibatan akun Anda di media sosial pada 2021, dikutip dari Forbes:

Buat Kontes Menarik

Mengadakan kontes dalam bentuk giveaway dengan narasi yang ceria dan ajakan beraksi merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan engagement di media sosial secara instan.

Tujuannya adalah memicu interaksi dengan mengarahkan pengguna mengambil tindakan untuk memenangkan hadiah. Misal, Anda dapat mengarahkan pengguna untuk menandai teman di bagian komentar, membagikan posting di news feed personal mereka, dan, terakhir, mengikuti page Anda.

Dengan cara ini mereka bisa tetap terhubung dengan merek Anda dan melihat konten yang Anda terbitkan di masa mendatang. Kontes ini ampuh dalam melibatkan interaksi karena mereka yang berpartisipasi jelas tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Jalankan Kampanye Keterlibatan

Menjalankan kampanye engagement berbayar di Facebook dan Instagram adalah cara pasti untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Anda dapat menargetkan klien ideal Anda berdasarkan minat, demografi, dan perilaku khusus.

Lantas, secara konsisten mendapatkan pengguna yang memenuhi syarat untuk terlibat dengan page, konten, atau iklan Anda. Anda dapat melakukan hal ini hanya dengan modal kecil.

Manfaatkan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer terkenal adalah cara lain untuk memicu keterlibatan media sosial. Apalagi bila influencer yang dilibatkan adalah influencer lokal yang memiliki keterikatan dengan komunitas tertentu.

Banyak orang percaya bahwa influencer lebih membantu dan dapat dipercaya daripada merek. Influencer tidak hanya menjadi alat yang hebat dalam membantu meningkatkan keterlibatan klien secara keseluruhan. Mereka juga dapat membantu meningkatkan keikutsertaan dan, terpenting, menaikkan penjualan dan laba.

Kompensasi biasanya bergantung pada ukuran pengikut influencer dan seberapa terkenal mereka. Beberapa influencer hanya menukar produk atau layanan untuk promosi, dan yang lainnya mengenakan harga tinggi.