<p>Octopus</p>
Gaya Hidup

Siapa Cepat Dia Dapat, Yacht Legendaris Mendiang Paul Allen Dijual

  • Setelah meninggal dunia pada Oktober 2018, banyak aset Paul Allen, co-founder Microsoft dan pengusaha terkenal, yang dijual. Beberapa aset tersebut bahkan yang paling berharga dan juga eksentrik. Sebelumnya pesawat terbesar di dunia yang dibangun untuk menempatkan satelit ke orbit, ke pesawat tempur Fulcrum MiG-29UB telah ditawarkan untuk dijual. Kali ini  kapal pesiar Octopus yang dicintainya […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Setelah meninggal dunia pada Oktober 2018, banyak aset Paul Allen, co-founder Microsoft dan pengusaha terkenal, yang dijual. Beberapa aset tersebut bahkan yang paling berharga dan juga eksentrik.

Sebelumnya pesawat terbesar di dunia yang dibangun untuk menempatkan satelit ke orbit, ke pesawat tempur Fulcrum MiG-29UB telah ditawarkan untuk dijual. Kali ini  kapal pesiar Octopus yang dicintainya pun akan dilego.

Dibangun oleh Lurrsen dan dikirim pada tahun 2003, pada saat itu Octopos adalah kapal pesiar terbesar di dunia, tetapi ia dengan cepat kehilangan mahkota itu setelah terjadi kompetisi para milyader untuk memiliki kapal pesiar terbesar.

Bahkan saat ini Octopus dengan panjang 414 kaki tidak tidak masuk daftar sepuluh kapal terbesar, namun dalam hal bobot perpindahan, Octopus dengan berat 10.000 ton masih melampaui bobot perpindahan kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga milik Angkatan Laut Amerika.

Octopus dapat menampung 26 tamu di 13 kabin, banyak di antaranya adalah suite. Sebanyak 63 awaknya tersebar di 30 kabin. Jika mengacu referensi ini, dengan muatan penuh, ia memiliki rasio kru terhadap tamu hampir 2,5 kru per tamu.

Sebagai perbandingan, rasio kru terhadap tamu di Song Anthem Of The Seas milik Royal Caribbean memiliki rasio, 31 kru untuk setiap tamu. Kapal pesiar Seaborne dan armada kapal berukuran kecil, seperti Seaborne Odyssey, memiliki sekitar 0,73 awak per rasio tamu. Tentu saja, selama pesta, kapal dapat menampung ratusan orang.

Octopus memiliki desain eksterior yang sangat berkelas. Selain untuk kesenangan, Octopus juga menjadi kapal eksplorasi.

Mirip kapal militer, Octopus dilengkapi dek sumur untuk melepaskan kapal kecil atau kapal selam mini

Obsesi Allen terhadap penerbangan juga menyuntikkan kualitas seperti kapal perang ke dalam Octopus. Kapal memiliki dua tempat pendaratan – satu di haluan dan yang sangat besar di buritan. Landasan buritan terletak bersama dengan hanggar helikopter besar dengan mudah mampu menyimpan dua helikopter — Sikorsky S-76C dan MD-902 NOTAR Explorer milik Allen.

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg siapa pun yang membeli Octopus juga akan mendapatkan sepotong sejarah budaya populer. Mick Jagger dan Dave Stewart U2 sempat melakukan rekaman di kapal pesiar.

Allen juga telah membawa kapal ini untuk sejumlah petualangan yang ia gambarkan sebagai penyelamannya paling berkesan ke geladak sebuah kapal induk yang karam, serta menjelajahi bangkai kapal Romawi kuno di laut Tyrrhenian.

Kapal ini memang dilengkapi juga dengan kapal selam eskplorasi. ” It’s less a Bentley than a Range Rover,” kata Allen dalam memoarnya.

Nah tertarik untuk memilikinya? Siapkan dana sekitar Rp 5 triliun, karena kapal ini ditawarkan dengan harga US$360 juta.