Karyawan memeriksa unit di showroom penjualan sepeda motor listrik Uwinfly dikawasan Otista, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Siapa Paling Menarik? Inilah Sederet Emiten yang Berekspansi ke Kendaraan Listrik

  • Kemenperin Perindustrian menargetkan industri otomotif Indonesia dapat memproduksi 400 ribu unit Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada 2025
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

Kemenperin Perindustrian menargetkan industri otomotif Indonesia dapat memproduksi 400 ribu unit Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada 2025. Jumlah itu setara 25% dari total produksi kendaraan bermotor roda empat di Indonesia yang mencapai 1,6 juta unit pada 2025.

Adapun terkait target produksi kendaraan listrik berbasis baterai atau BEV tersebut diharapkan meningkat hingga satu juta unit pada 2035. Untuk target produksi motor listrik mencapai 3,22 juta unit pada 2035.

Harapannya dengan tercapainya target tersebut, dapat menghemat penggunaan bahan bakar fosil dan menurunkan emisi CO2 hingga 12,5 juta barrel atau 4,6 juta ton untuk roda empat, Sementara untuk roda dua, bisa menurunkan lebih dari 4 juta barel atau 1,4 juta ton CO2.