toilet.jpg
Tekno

Siapa Sebenarnya Penemu Toilet Siram?

  • Toilet siram adalah bagian penting dari kehidupan.  Tetapi pernahkah Anda berpikir siapa yang menemukan barang ini?
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Toilet siram adalah bagian penting dari kehidupan.  Tetapi pernahkah Anda berpikir siapa yang menemukan barang ini?

Anda mungkin tidak benar-benar ingin memikirkannya, begitu pula orang lain. Siapa yang mau memikirkkan begitu detil tentang tempat membuang limbah itu. Dan mungkin itulah sebabnya toilet siram yang digunakan manusia abad ke-21 tidak banyak berubah sejak pertama kali dipatenkan pada tahun 1775 oleh pembuat jam tangan Skotlandia bernama Alexander Cumming. 

Toilet Cumming adalah versi yang sedikit diubah dari "water closet" yang dirancang untuk Ratu Elizabeth I oleh Sir John Harrington pada tahun 1592. Namun jika  toilet Cumming memiliki pipa berbentuk S untuk menjebak bau tak sedap, desain Harrington  tidak. 

Tentu saja, toilet yang menyiram sendiri, kursi berpemanas, dan pispot vakum seperti yang Anda lihat di pesawat terbang dan bus wisata datang belakangan. 

Sejarah Toilet

Catatan kuno menunjukkan bahwa toilet pertama mungkin ada pada 3.000 SM  di permukiman Neolitik di Skotlandia atau di Istana Knossos, Yunani, pada tahun 1700 SM. Ini adalah panci tembikar besar dihubungkan ke pasokan air pembilasan. Sistem selokan canggih telah ditemukan di Lembah Indus India Barat Laut sejak 4.000 tahun yang lalu.

Pergi ke kamar mandi bukanlah sesuatu yang membuat orang mual di masa lalu. Buang air kecil dan buang air kecil justru seperti kesempatan untuk relaksasi dan jalan-jalan. Orang Romawi kuno menggunakan duduk di toilet sebagai waktu untuk mengobrol dengan teman-teman mereka. 

Pada tahun 315 M, Roma memiliki 144 toilet umum yang ramai, dengan deretan bangku-bangku batu dengan lubang berbentuk lubang kunci yang terletak di sepanjangnya. Tempat orang-orang duduk bersama dan melakukan urusan mereka dan mungkin juga bergosip. Mereka menyeka diri dengan spons yang menempel pada gagang kayu.

Nanti di abad pertengahan, Anda bisa berjalan di jalan dan seseorang mungkin membuang isi pispot mereka ke luar jendela.

Orang-orang abad pertengahan yang lebih kaya menggunakan "garderobe". Sebuah lemari kecil yang menempel di sisi kastil dengan lubang di lantai yang dikosongkan ke dalam parit atau lubang pembuangan. 

Pakaian juga disimpan di garderobe karena bau kotoran manusia dianggap akan menjauhkan kutu dan ngengat dari pakaian. Garderob publik di London dikosongkan langsung ke Sungai Thames. Sebuah langkah kesehatan yang sangat buruk.

Ketika populasi Eropa tumbuh selama tahun 1800-an, hingga 100 orang garderobe publik masuk ke sungai hingga mencemari pasokan air minum. Ini menjelaskan mengapa begitu banyak wabah kolera, tifus dan lainnya. Penyakit yang ditularkan melalui air mengganggu orang Eropa abad ke-19, mengakibatkan lebih dari setengah populasi kelas pekerja meninggal sebelum usia 5 tahun.

Akibat musim panas yang sangat terik di London pada tahun 1858, bau limbah yang membusuk membuat kehidupan di kota benar-benar tak tertahankan.  Parlemen menugaskan pembangunan selokan London, yang selesai pada tahun 1865. 

Kematian akibat penyakit yang ditularkan melalui air menurun drastis, dan kota-kota di seluruh dunia mengikutinya dan membangun selokan sanitasi mereka sendiri. Pada tahun 1848, pemerintah Inggris juga menetapkan bahwa rumah pribadi harus memiliki toilet sendiri. Pada akhir tahun 1850-an, sebagian besar rumah kelas menengah di kota-kota Inggris memiliki kloset.

Thomas Crapper menjalankan perusahaan pipa di akhir abad ke-19. Berlawanan dengan kepercayaan populer dia tidak menemukan toilet siram. Dia memang membuat beberapa perubahan pada desain toilet yang dipatenkan oleh Harrington. 

Faktanya, Smithsonian mengatakan bahwa penemuan terbesar Crapper adalah pembuatan ruang pamer perlengkapan kamar mandi pada saat toilet jarang dipajang. Crapper memastikan namanya terlihat di semua produknya — yang akhirnya menjadi standar di rumah-rumah di negara-negara kaya di seluruh dunia. Dia juga mematenkan ballcock apung di dalam tangki air dan perangkap pipa U-bend, sebuah peningkatan dari S-bend sebelumnya, karena tidak macet.

Sejak itu toilet siram modern menjadi lebih tersebar luas di negara maju pada pergantian abad ke-20 dengan katup dan tangki yang dapat dibilas di atas mangkuk toilet. Kertas toilet muncul di rak-rak toko sekitar tahun 1902.