google
Nasional

Siapakah Siti Latifah Herawati Diah yang Muncul di Google Doodle Hari Ini?

  • PALEMBANG, WongKito.co - Membuka mesin pencari, google hari ini, Minggu (3/4/2022) disajikan tampilan tiga foto seorang perempuan. Ia adalah tokoh pers Si
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Membuka mesin pencari, google hari ini, Minggu (3/4/2022) disajikan tampilan tiga foto seorang perempuan. Ia adalah tokoh pers Siti Latifah Herawati Diah.

Almarhumah Siti Latifah merupakan istri mendiang tokoh pers yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan tahun 1968, Burhanuddin Mohammad Diah atau lebih dikenal dengan BM Diah.

Perempuan yang belajar jurnalisme di Barnard College, New York itu lahir di Tanjung Pandang, 3 April 1917. Kemudian meninggal di Jakarta dalam  usis 99 tahun pada 30 September 2016.

Siti Latifah Herawati Diah selama hidupnya kental dengan aktivitas kemanusiaan diantaranya menyuarakan hak-hak perempuan yang dibuktikan dengan mendirikan sejumlah organisai perempuan, seperti Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan.

Dia juga memimpin deklarasi menjadikan kompleks Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Sebagai jurnalis yang telah aktif sebelum berkuasanya orde lama sehingga bertahannya puluhan tahu orde baru. Siti Latifah Herawati Diah juga terlibat dalam mendirikan surat kabar berbahasa inggris pertama di Indonesia yaitu The Indonesian Observer.

Demikian, sekulit penjelasan google doodle kali ini ya. Sudah tidak penasaran lagi kan.(*)

Tulisan ini telah tayang di wongkito.co oleh Nertina pada 03 Apr 2022