Temas Tbk
Bursa Saham

Siapkan Capex Rp1,3 Triliun, Temas(TMAS) Dorong Peremajaan Kapal

  • PT Temas Tbk (TMAS) salah satu emiten layanan transportasi laut dan jasa berencana membelanjakan modal capital expenditure (capex) sebesar Rp1,3 triliun pada tahun 2024 ini.
Bursa Saham
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Temas Tbk (TMAS) salah satu emiten layanan transportasi laut dan jasa berencana membelanjakan modal capital expenditure (capex) sebesar Rp1,3 triliun pada tahun 2024 ini.

Direktur Utama TMAS Faty Khusumo mengatakan, alokasi capex akan digunakan untuk peremajaan kapal serta sarana penunjang untuk mendukung ekspansi bisnis dan anak usaha perseroan tersebut.

"Di awal kami anggarkan capex Rp1,3 triliun untuk mendukung bisnis kami dan anak perusahaan termasuk peremajaan pasar," katanya dalam Pubex di Kantor TMAS pada Rabu, 27 Maret 2024.

Ke depannnya sepanjang 2024, Temas juga mendorong pengembangan kegiatan pelabuhan di daerah-daerah, menambah peralatan dan memaksimalkan aset yang ada untuk menambah pendapatan.

Pengembangan bisnis baru berhubungan dengan dekarbonisasi tengah di jajaki melalui PT Temas Energy yang didirikan untuk berpartisipasi dalam bisnis di bidang energi dan distribusi energi.

Lebih lanjut dalam RUPSLB TMAS disepakati mengangkat kembali  Harto Khusumo  sebagai Komisaris utama,  Alfred Natsir sebagai komisaris independen, Theo Lekatompessy sebagai komisaris independen. Serta menerima pengunduran diri Inge Supatra dan Thusitha Manojih Danwette digantikan oleh Windy Kiswanto Sebagai Direktur.

Sepanjang 2023, deviden final tahun 2023 sebesar Rp456,41 miliar atau setara dengan Rp8 per lembar saham. Dividen ini sama dengan sekitar 56% dari laba bersih tahun buku 2023.

Pembagian dividen ini melanjutkan komitmen pembagian dividen yang sudah dilakukan di tahun 2023 senilai Rp754,68 miliar atau Rp132,8 per saham, sekitar 53,37% dari laba bersih 2022.

TMAS mencatat, pendapatan sebesar Rp 4,31 triliun, sedikit turun dari tahun 2022 yang mencapai Rp4,88 triliun. Meski demikian, volume muatan naik 4%, mencapai 532.421 TEUs.

Laba bersih tahun 2023 tercatat sebesar Rp814,76 miliar, menurun dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,41 triliun, terutama akibat dinamika pasar yang tidak menentu.

Berikut Susunan Direksi :  

Faty khusumo sebagai Direktur Utama
Ganny Zheng sebagai Direktur
Ricky Efendy sebagai Direktur
Widy Kuswanto sebagai direktur