<p>Manajemen PT MNC Studios International Tbk (MSIN) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo / Msi.id</p>
Korporasi

Siapkan Dana Rp3,3 Triliun, MNC Studios (MSIN) Berencana Akuisisi 3 Perusahaan

  • Emiten yang tergabung dalam Grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo PT MNC Studios Internasional Tbk (MSIN) berencana untuk mengambil alih saham beberapa entitaS usaha yang tergabung dalam Grup MNC.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Emiten yang tergabung dalam Grup MNC milik Hary Tanoesoedibjo PT MNC Studios Internasional Tbk (MSIN) berencana untuk mengambil alih saham beberapa entitas usaha yang tergabung dalam Grup MNC.

Dalam keterangan resmi, perseroan akan melakukan pengambilalihan tiga usaha milik MNC Grup yakni:

Pertama, sebesar 99,99% saham PT MNC Digital Indonesia (MDI) dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC). Perseroan berencana akan mengambil alih sebanyak 1.204.809 lembar saham, dengan nilai nominal Rp1 juta per saham, sehingga total nilai transaksi mencapai Rp1,2 triliun.

Kedua, sebesar 99,99% saham PT MNC Portal Indonesia (MPI) dari MNC. Dalam transaksi ini, perseroan akan mengambilalih 591.663.401 lembar saham kepemilikan MNC di MPI, dengan nilai nominal sebesar Rp1000 per saham, sehingga total transaksi mencapai Rp591,66 miliar.

Terakhir, sebesar 99,99% saham PT MNC OTT Network (OTT) dari PT MNC Vision Networks Tbk (MVN). MSIN akan mengambilalih 801,907.663.809 saham milik MVN pada OTT, dengan harga Rp100 per saham sehingga total transaksi mencapai Rp801,90 miliar.

Hingga saat ini, perseroan mengaskan bahwa saham-saham yang dilakikan sebagai obyek transaksi, tidak sedang dijamin dan tidak dalam sengketa.

Rencana pengambilalihan saham ini, nantinya akan dilemparkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Maret 2022 mendatang, guna mendapatkan persetujuan dari para pihak yang berkepentingan dan terkait.

Sementara itu, transaksi pengambilalihan ini termasuk dalam transaksi afiliasi dari segi kepemilikan saham, kepengurusan serta pengawas.  Kemudian transaksi ini juga termasuk ke dalam material dengan total nilai Rp3,3 triliun, sebagaimana yang dimaksud dalam peraturan yang berlaku.

Pelaksanaan pengambilalihan ini bertujuan untuk mendorong penguatan posisi perseroan dalam memberikan berbagai konten yang lebih baik bagi masyarakat.

Dengan adanya aksi korporasi pengambialihan saham ini, kedepannya perseroan akan berencana untuk melakukan konsolidasi aset digital melalui akusisi tersebut guna menciptakan grup digital Entertaiment terbesar di Indonesia

Sehubungan dengan rencana pengembangan usaha perseroan yang akan beralih menjadi perusahaan yang berbasis digital, perseroan berencana untuk mengubah nama perseroan agar lebih mencerminkan rencana pengembangan usaha sebagai grup digital entertaiment.

Perseroan meyakini, pengambialihan saham ini akan memberikan dampak positif bagai perseroan, yang mana perseroan akan berperan sebagai Grup Digital Entertainment yang terbesar dan terintegrasi, yang terdiri dari rumah produksi konten terbesar, manajemen talent terbesar, media sosial dengan traffic terbesar, VOD SuperApp  atau VOD SuperApp OTT, portal online dan lini bisnis khusus E-Sports/Games.