Ketua MPR RI, Bamban Soesatyo.
Nasional

Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Ingatkan Kesadaran Kebangsaan Anak Muda

  • Bamsoet menyebutkan saat ini generasi milenial dan generasi Z sudah mulai mendominasi di lingkup aparatur sipil negara. Proporsi generasi tersebut mencapai 53% dari total keseluruhan. Sebanyak 61% pemilih dalam ajang pemilu 2024 juga berasal dari kalangan tersebut.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan Pidato Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023. 

Dalam pidatonya, Bamsoet mengingatkan soal pentingnya mengangkat kembali kesadaran wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. “Penting bagi kita semua untuk mengangkat kembali kesadaran wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda,” ujar Bambang Soesatyo.

Hal tersebut disebabkan karena saat ini generasi muda Indonesia sedang tumbuh mendominasi komposisi demografi negara. Bamsoet menyebutkan saat ini generasi milenial dan generasi Z sudah mulai mendominasi di lingkup aparatur sipil negara.

Proporsi generasi tersebut mencapai 53% dari total keseluruhan. Tidak hanya itu, sebanyak 61% pemilih dalam ajang pemilu 2024 juga berasal dari kalangan tersebut. Kondisi itu harus disikapi serius dengan menanamkan wawasan kebangsaan kepada setiap generasi muda. 

Hal ini karena persentase tersebut menunjukkan bahwa sedang terjadi transisi antar generasi pada lini birokrasi negara dan kancah perpolitikan. “Situasi ini harus disikapi dengan upaya serius untuk menstimulasi wawasan kebangsaan bagi generasi muda,” ujar politikus Golkar tersebut. 

Guna mendukung proses regenerasi bangsa yang sedang berlangsung, MPR RI dengan berkomitmen menjadikan pilar-pilar kebangsaan sebagai bekal genarasi muda untuk melanjutkan tongkat tongkat estafet kepemimpinan nasional di segala lini kehidupan.

Komitmen tersebut dituangkan dalam bentuk sosialisasi Empat Pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika. Tujuannya agar empat pilar tersebut senantiasi terus dipahami, diresapi, dan diimplementasikan oleh generasi muda.

Sidang tersebut merupakan agenda tahunan MPR yang digelar serangkaian bersama dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Tahun ini agenda sidang tersebut mengundang sebanyak 1.549 undangan yang meliputi presiden RI dan wakil presiden RI, mantan presiden RI dan mantan wakil presiden RI, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, dan lainnya.

Dalam sidang tersebut, Presiden Joko Widodo juga hadir untuk menyampaikan Pidato Presiden RI tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara serta menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.