Industri

Sido Muncul Tunjuk Eks Menhub dan ESDM Ignasius Jonan Jadi Komisaris, Begini Profilnya

  • JAKARTA – Emiten konsumer PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) menunjuk komisaris baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang digelar pada, Rabu, 25 November 2020. Pada rapat itu, para pemegang saham SIDO memutuskan untuk menunjuk eks Menteri Perhubungan (MENHUB) sekaligus Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) […]

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – Emiten konsumer PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) menunjuk komisaris baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang digelar pada, Rabu, 25 November 2020.

Pada rapat itu, para pemegang saham SIDO memutuskan untuk menunjuk eks Menteri Perhubungan (MENHUB) sekaligus Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebagai komisaris independen.

Nama Jonan memang sempat santer diberitakan menjadi kandidat kuat dua perusahaan terbuka perusahaan terbuka sejak awal tahun lalu. Waktu itu, nama perusahaan yang dikabarkan kepincut oleh kiprah Jonan adalah PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan Sido Muncul.

Lalu pada Juli 2020, Jonan pun ditunjuk Unilever sebagai komisaris independen. Hari ini, Sido Muncul pun turut mengikuti jejak Unilever dengan menunjuk Jonan mengisi posisi yang sama.

Keberhasilan Jonan dalam menakhodai PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat banyak pihak ingin ‘meminangnya’ untuk mengisi jabatan penting di perusahaan maupun institusi. Kala itu, tepatnya 2014 silam, sebagai direktur utama, Jonan berhasil membalikkan kinerja KAI dari sebelumnya rugi menjadi untung Rp1 triliun.

Ditunjuk Jokowi

Kesuksesan itu membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga kepincut dan mengajak Jonan bergabung dalam kabinetnya. Pada 2014, Jonan ditunjuk Jokowi sebagai Menhub sebelum akhirnya digantikan Budi Karya Sumadi pada 2016.

Setelah itu, Jonan kembali dipercaya Jokowi untuk mengisi jabatan sebagai Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar. Jonan akhirnya tidak lagi menjabat di kementerian setelah masa kepemipinannya habis pada 2019 seiring berakhirnya periode kepemimpinan pertama Presiden Jokowi.

Dengan karier dan capaian prestisius ini, tidak aneh rasanya jika banyak perusahaan yang ingin Jonan turut menjabat posisi penting di perusahaan. Itu pulalah yang akhirnya dilakukan Sido Muncul baru-baru ini.

Dalam risalah rapat yang diterima media, Manajemen Sido Muncul menunjukkan foto hasil RUPSLB yang menetapkan sejumlah susunan dewan komisaris perseroan yang baru. Berikut susunannya:

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Jonatha Sofjan Hidajat
  • Komisaris: Johan Hidayat
  • Komisaris: Sigit Hartojo Hadi Santoso
  • Komisaris Indenden: Young Taeg Park
  • Komisaris Indenden: Ignasius Jonan
  • Komisaris Indenden: Eric Marmundus

Direksi Perseroan

  • Direktur Utama: David Hidayat
  • Direktur: Irwan Hidayat
  • Direktur: Leonard
  • Direktur: Darmadji Sidik