Ilustrasi alat ukur tekanan
BUMN

SIG Gunakan Alat Ukur Tekanan Buatan UMKM Binaan

  • Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menyebutkan penggunaan suku cadang produksi UMKM tersebut merupakan wujud keberpihakan SIG terhadap kemajuan industri dalam negeri dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian tanah air.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) gunakan alat ukur tekanan produksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan perusahaan bernama PT 3S International. Melansir Kabar BUMN, dipilihnya alat ukur tekanan produk UMKM tersebut merupakan salah satu wujud komitmen SIG dalam meningkatkan penggunaan suku cadang dalam negeri.

Hal tersebut juga sejalan dengan target program operational excellence dan peningkatan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Per Juli 2023, SIG telah mencatatkan realisasi belanja suku cadang dalam negeri mencapai Rp397 miliar. 

UMKM binaan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut sukses memproduksi alat ukur tekanan yang memenuhi standar industri. Tak hanya memenuhi standar untuk pabrik SIG, namun juga memiliki berstandar internasional BS EN 837-1, yang merupakan standar penetapan spesifikasi Bourdon Pressure Gauge

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menyebutkan penggunaan suku cadang produksi UMKM tersebut merupakan wujud keberpihakan SIG terhadap kemajuan industri dalam negeri dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian tanah air.

Sebelumnya, SIG telah melakukan pembinaan UMKM yang memproduksi suku cadang. UMKM tersebut akan diberi edukasi spesifikasi produk, uji coba sampel produk, dan tes performa langsung di pabrik SIG.

"Jika hasilnya sesuai dengan kebutuhan dan standar yang dipakai, SIG akan membeli suku cadang yang telah lolos uji coba tersebut,” ujar Vita.

PT 3S International sendiri, merupakan perusahaan dalam negeri tersertifikasi ISO 9001:2015 dengan fokus produksinya untuk produk instrumen alat pengukur tekanan dan suhu, seperti pressure gauge, bimetal thermometer, thermowell, dan thermocouple.

Produk dari PT 3S International dapat dengan mudah dipasang, dan sangat memperhatikan kesehatan serta keselamatan penggunanya. Hasil positif dari pengujian alat ukur tekan di Pabrik SIG menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi standar dan beroperasi secara efektif.

Selain itu, SIG juga mendorong produk alat ukur tekan PT 3S International untuk dipasarkan di platform marketplace buatan BUMN, PaDi UMKM, sehingga bisa digunakan oleh perusahaan lain.