<p>Karyawati menghitung uang di gerai salah satu cabang Bank Mandiri, di Jakarta, Selasa, 6 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Indonesia Bangun &#8216;Sillicon Valley&#8217; di Sukabumi, Pemerintah Siapkan Rp18 Triliun

  • JAKARTA — Akhir pekan ini, Indonesia mendapat kabar baik seiring penandatanganan proyek Bukit Algoritma di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat. Antara melaporkan, Bukit Algoritma ini digadang-gadang merupakan Silicon Valley-nya Indonesia. Dibangun di area seluas 888 hektare, proyek ini menyedot anggaran senilai Rp18 triliun untuk tiga tahun pertama alias pembangunan tahap pertama. “Penggunaannya meliputi upaya […]

Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA — Akhir pekan ini, Indonesia mendapat kabar baik seiring penandatanganan proyek Bukit Algoritma di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.

Antara melaporkan, Bukit Algoritma ini digadang-gadang merupakan Silicon Valley-nya Indonesia. Dibangun di area seluas 888 hektare, proyek ini menyedot anggaran senilai Rp18 triliun untuk tiga tahun pertama alias pembangunan tahap pertama.

“Penggunaannya meliputi upaya peningkatan kualitas ekonomi 4.0, peningkatan pendidikan dan penciptaan pusat riset dan development untuk menampung ide anak bangsa terbaik demi Indonesia bangkit, serta peningkatan sektor pariwisata,” kata Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO, Budiman Sudjatmiko, Jumat, 9 April 2021.

Ditekennya proyek Bukit Algoritma memberi harapan masa depan pengembangan inovasi dan teknologi bisa semakin cerah. Dengan begitu sejumlah teknologi tingkat lanjut seperti kecerdasan buatan, robotik, pesawat drone, hingga panel surya untuk energi yang bersih dan ramah lingkungan bisa semakin dikembangkan. 

Dalam proyek ini, pemerintah menunjuk PT Amarta Karya (AMKA) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor konstruksi untuk menjadi mitra infrastruktur proyek.

“Ini merupakan mimpi jangka panjang. Untuk tahap pertama selama tiga tahun, AMKA menjadi mitra kepercayaan untuk membangun infrastruktur, termasuk akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi dan fasilitas‐fasilitas lainnya,” kata Budiman.   

Ia menambahkan, pembangunan kawasan inovasi teknologi 4.0 Sukabumi sangat strategis. Pasalnya, wilayah ini memiliki infrastruktur pendukung yang terbilang memadai. 

Bukit Algoritma berada di dekat akses Tol Bocimi (Seksi 2 Cibadak), Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar (yang akan dibangun), serta double track KA Sukabumi.