Ilustrasi vaksin Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Novavax, Pfizer, Sinopharm, Sputnik V, Janssen, dan Convidecia,  maupun vaksinasi di Indonesia. Infografis: Deva Satria/TrenAsia
Nasional

Simak Dosis dan Rentang Waktu Penyuntikan dari 9 Jenis Vaksin COVID-19

  • Sudah ada 9 jenis vaksin COVID-19 yang sudah masuk dan didistribusikan di berbagai wilayah Indonesia, inilah dosis dan rentang waktu pemberian atau penyuntikan yang harus diketahui.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi adanya pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan program vaksinasi agar tercapai kondisi herd immunity atau kekebalan kelompok. Hingga kini, sudah ada 9 jenis vaksin COVID-19 yang sudah masuk dan didistribusikan di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan jenis vaksin yang bermacam-macam tersebut, penting untuk Anda mengetahui dosis dan rentang waktu penerimaan vaksin COVID-19 yang Anda terima. Berikut penjelasannya.

Seperti yang dikutip dalam postingan akun Instagram resmi BPOM RI, vaksinasi COVID-19 membantu untuk menurunkan terjadinya risiko sakit berat bahkan menurunkan tingkat kematian akibat COVID-19. BPOM juga telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk 9 jenis vaksin COVID-19, di mana setiap jenis vaksin tersebut memiliki dosis dan rentang waktu pemberian atau penyuntikan yang berbeda.

1. Vaksin Sinovac

CoronaVac
Untuk usia 18-59 tahun, disuntikkan sebanyak 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan yaitu 14 atau 28 hari (0,5 mL per dosis). Sedangkan untuk usia 60 tahun atau lebih, disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 28 hari (0,5 mL per dosis).

Vaksin COVID-19 Bio Farma
Untuk usia 12-17 tahun, vaksin disuntikkan sebanyak 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 28 hari (0,5 mL per dosis). Sedangkan usia 18-59 tahun disuntikkan sebanyak 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 28 atau 14 hari (0,5 mL per dosis). Untuk usia 60 tahun atau lebih, disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 28 hari (0,5 mL per dosis).

2. Vaksin AstraZeneca

Untuk usia 18 tahun ke atas disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 12 minggu (0,5 mL per dosis).

3. Vaksin Sinopharm

Usia 18 tahun ke atas, sebaiknya disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 21-28 hari (0,5 mL per dosis).

4. Vaksin Moderna

Untuk usia 18 tahun ke atas, disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 1 bulan (0,5 mL per dosis).

5. Vaksin Pfizer

Untuk usia 12 tahun ke atas disuntikkan 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 21 hari (0,3 mL per dosis).

6. Vaksin Sputnik-V

Untuk usia 18 tahun ke atas, vaksin disuntikkan sebanyak 2 kali dengan rentang jarak penyuntikan 1 bulan (0,5 mL per dosis).

7. Vaksin Janssen

Untuk usia 18 tahun ke atas pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL.

8. Vaksin Cansino (Convidecia)

Untuk usia 18 tahun ke atas, pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL.