Nasional

Simak Rincian Tarif Ruas Tol Serpong-Pamulang yang Segera Berlaku

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) akan segera memberlakukan tarif untuk ruas tol Serpong-Pamulang di Jalan Tol Serpong-Cinere yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 April 2021 lalu.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) akan segera memberlakukan tarif untuk ruas tol Serpong-Pamulang di Jalan Tol Serpong-Cinere yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 April 2021 lalu.

“Kawan JM, dalam waktu dekat akan diberlakukan penerapan tarif Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 1 (Serpong-Pamulang) berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 592/KPTS/M/2021,” sebagaimana tertulis di akun Instagram resmi Jasa Marga pada Kamis, 27 Mei 2021.

Ada pun, berikut adalah besaran tarif ruas tol Serpong-Pamulang.

  • Golongan I: Rp11.000
  • Golongan II: Rp16.500
  • Golongan III: Rp16.500
  • Golongan IV: Rp22.000
  • Golongan V: Rp22.000

Anak usaha Jasa Marga pengelola Tol Cinere-Serpong, PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), mencatat sekitar 524.569 kendaraan telah melintasi ruas Serpong-Pamulang sejak dioperasikan tanpa tarif hingga Minggu, 23 Mei 2021. Catatan ini terhitung tujuh minggu atau 51 hari sejak diresmikan pada 1 April 2021.

“Perhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97% dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” ujar Direktur Utama CSJ Ayu Widya Kiswari.

Berdasarkan data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama beroperasi tanpa tarif, CSJ mencatat Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan. LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idul Fitri pada Kamis, 13 Mei 2021, yakni sebanyak 13.209 kendaraan. 

Ayu mengungkapkan jumlah ini sebenarnya masih di bawah target CSJ. Hal ini diakibatkan oleh ruas Serpong-Pamulang yang baru bisa diakses dari Gerbang Tol (GT) Pamulang dan belum dapat tembus menuju Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

“Selain itu, pengendalian transportasi di jalan tol dalam rangka pengetatan dan peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H juga berdampak pada mobilitas masyarakat yang cukup berpengaruh pada LHR jalan tol ini,” katanya.

Untuk saat ini, pengguna jalan yang menuju Jalan Tol Cijago melalui akses Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutkan perjalanan via jalan nasional/arteri dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago. (RCS)