Larasati Moriska
Nasional

Simbol Gen Z, Ini Profil Senator Termuda DPD 2024-2029 Larasati Moriska

  • Tak hanya terpilih sebagai anggota DPD termuda, Larasati juga didaulat menjadi pimpinan sementara DPD RI dan MPR RI dalam sidang perdana selasa, 1 Oktober 2024. Menurut Larasati, amanah tersebut merupakan tanggung jawab besar bagi seseorang seusianya.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Larasati Moriska, gadis asal Nunukan, Kalimantan Utara, mencetak sejarah sebagai anggota termuda DPD RI untuk periode 2024-2029. Menginjak usia baru 22 tahun, ia tidak hanya mewakili Kalimantan Utara di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), tetapi juga menjadi simbol generasi Z yang tampil di panggung politik nasional. 

Larasati Moriska sukses menggaet 45.559 suara pada Pemilu serentak. Jumlah tersebut mengantarkannya ke kursi DPD. Larasati merupakan Fresh Graduate lulusan Universitas Prasetiya Mulya, Tangerang, dengan gelar sarjana bisnis. Untuk kali pertama, Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda di Indonesia memiliki wakil DPD yang berasal dari generasi muda.

Larasati percaya amanah yang diberikan masyarakat Kalimantan Utara bukan sekadar tanggung jawab biasa, melainkan sebuah tanggung jawab besar yang harus dijalani dengan baik. Baginya, representasi masyarakat di DPD dan MPR RI adalah suatu kehormatan yang memerlukan dedikasi penuh.

"Ini bukan hanya tentang usia, tetapi tentang ide-ide baru, semangat, dan keberanian untuk melakukan perubahan yang nyata bagi bangsa dan negara," ujar Larasati di kompleks Parlemen Senayan, dilansir Antara, Senin, 1 Oktober 2024.

Jadi Pimpinan DPD dan MPR Sementara

Tak hanya terpilih sebagai anggota DPD termuda, Larasati juga didaulat menjadi pimpinan sementara DPD RI dan MPR RI dalam sidang perdana selasa, 1 Oktober 2024. Menurut Larasati, amanah tersebut merupakan tanggung jawab besar bagi seseorang seusianya.

Sebagai sosok termuda di lembaga DPD, Larasati diharapkan dapat membawa ide-ide segar, semangat baru, serta keberanian untuk melakukan perubahan yang nyata bagi bangsa dan negara.

Punya Backgroud Keluarga Mentereng

Larasati adalah putri dari pasangan Asni Hafid dan Nardi Aziz, jejak politik Larasati tidak jauh dari keluarganya.Nardi Aziz adalah mantan Ketua DPRD Nunukan, sementara ibunya, Asni Hafid, pernah menjadi anggota DPD. 

Meski memiliki latar belakang keluarga yang kuat dalam politik, Larasati ingin membuktikan bahwa keberadaannya di DPD bukan sekadar warisan. Larasati Moriska diharapkan mampu memberikan perspektif baru dalam pengelolaan kebijakan yang lebih baik untuk masyarakat, khususnya Kalimantan Utara.