Karyawan SICO tengah beraktivitas.png
Korporasi

Sinerco (SICO) Listing di Harga Rp230 per Saham Pagi Ini, Minat Beli?

  • PT Sigma Energy Compressindo Tbk (SIC0) alias SINERCO akan mencatatkan saham perdananya (listing) di Bursa Efe Indonesia (BEI) pada Jumat, 8 April 2022 pagi ini.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Sigma Energy Compressindo Tbk (SICO) alias Sinerco akan mencatatkan saham perdananya (listing) di Bursa Efe Indonesia (BEI) pada Jumat, 8 April 2022 pagi ini.

Dilansir dari prospektus yang dipublikasi di keterbukaan informasi BEI, SICO menawarkan sebanyak 270.000.000 saham yang mewakili 29,67% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh pasca gelaran Initial Public Offering (IPO) dengan nilai nominal Rp50 per lembar saham.

Sedangkan harga penawaran yang ditetapkan perseroan dalam IPO ini ialah sebesar Rp230 per lembar saham, dengan total pendapatan yang diraih mencapai Rp62,1 miliar.

Secara bersamaan perseroan menerbitkan sebanyak 27 ribu saham waran seri I yang menyertai saham baru, setara dengan 4,22% dari modal perseroan pasca IPO.

Adapun saham waran seri I akan diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan, nilai nominal yang dimiliki saham waran seri I ialah senilar Rp50 per unit dengan harga pelaksanaan Rp350 per lembar saham sehinggal total dana yang diperoleh dari waran seri I sebesar Rp9,45 miliar.

Selanjutnya, dana hasil IPO perseroan akan digunakan untuk pembayaran utang perseroan, pengembangan usaha hingga modal kerja SICO. Sedangkan dana hasil waran seri I seluruhnya akan digunakan sebagai modal kerja perseroan.

Dalam gelaran IPO ini, SICO menggandeng NH Korindo Sekuritas sebagai partisipasi admin dan penjamin emisi efek yang membatu proses IPO perseroan.

Dari segi kepemilikan saham sebelum dilaksanakannya IPO, PT Sigma Energy Utama memegang sebanyak 90% dan Patricia Gitta Chandra sebesar 10%, maka dengan adanya IPO ini kepemilikan saham SICO akan berubah menjadi PT Sigma Energy Utama 63,30%, Patricia Gitta Chandra  7,03% dan Masyarakat 29,67%.

Profil Perseroan 

Sigma Energy Compressindo alias SINERCO sekaligus emiten ke 14 yang melantai di BEI pada tahun 2022 ini, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa penyewaan alat-alat mobetisasi mintak dan gas suar bakar menggunakan teknologi kompresi bagi penurunan gas rumah kaca yang didirikan pada tahun 2007.

SICO telah memenuhi standar internasional serta memiliki pengalaman dengan perusahaan migas di seluruh Indonesia, hingga pada tahun 2017 perseroan telah memulaicabang usaha baru yang bergerak di bidang pengoperasian SPBU dibawah PT Sigma Niaga Gas, bersama SHELL, proyek pertama dimulai di tempat yang strategis yaitu di Kawasan Soewarna Bussiness Park area Bandara International Soekarno Hatta.

Pada saat ini SINERCO sudah membawa masuk 50 unit mini gas compressor ke Indonesia dan berencana untuk unit mini gas compressor ke Indonesia dan berencana untuk membawa masuk jenis kompresor yang sama maupun jenis teknologi lain.