Bendera Singapura
Dunia

Singapura akan Dirikan Kedutaan Besar di Timor Leste

  • Singapura akan mendirikan kedutaan besar di Ibu Kota Timor Leste, Dili. Keputusan ini disebut oleh Vivian Balakrishnan, Menteri Luar Negeri Singapura, sebagai tonggak penting dalam hubungan bilateral kedua negara.
Dunia
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

DILI - Singapura akan mendirikan kedutaan besar di Ibu Kota Timor Leste, Dili. Keputusan ini disebut oleh Vivian Balakrishnan, Menteri Luar Negeri Singapura, sebagai tonggak penting dalam hubungan bilateral kedua negara.

Melansir CNA, Balakrishnan mengumumkan misi Singapura yang direncanakan di Timor Leste pada hari Senin, 24 Juli 2023, pada konferensi media bersama dengan Timor Bendito dos Santos Freitas yang diadakan di Dili. 

Langkah Singapura ini disebut akan meningkatkan akses dan peluang kerja sama antara Timor Leste yang berpenduduk lebih dari 1,3 juta jiwa.

Dalam menyampaikan pandangannya tentang Timor Leste, Balakrishnan menyebut negara tersebut sebagai teman lama. Balakrishnan  mengutarakan kekagumannya untuk Timor Leste yang telah mengalami masa-masa sulit dalam berdirinya negara tersebut 

“Sekarang, karena mereka terus berkembang sebagai sebuah negara dan sebagai sebuah bangsa, terutama ketika mereka bergabung dengan ASEAN, kami yakin inilah saatnya untuk mendirikan kedutaan besar untuk menjadi titik fokus kerja sama kita, untuk dukungan kita dan untuk saling menjajaki peluang di masa depan,” ujar Balakrishnan.

Singapura adalah negara ASEAN keenam yang mendirikan kedutaannya di Timor Leste. Sebelumnya Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand dikabarkan telah mendirikan kedutaan besarnya di sana.

Singapura merupakan salah satu negara pertama yang berkontribusi dalam operasi pemeliharaan perdamaian sejak tahun 1999, sebelum Timor Leste merdeka.

Balakrishnan menyebutkan, selama periode keterlibatan antara tahun 1999 hingga 2012, Angkatan Bersenjata Singapura dengan gigih menyumbangkan lebih dari 1.000 personel yang termasuk tim medis dan pasukan penjaga perdamaian. Selain itu, Singapura juga menyediakan peralatan seperti tank, kapal pendarat, dan helikopter.

Tak hanya itu, Kepolisian Singapura juga turut berperan dengan mengirim petugas polisi ke Timor Leste untuk membantu dalam pembentukan Dinas Polisi Timor Timur.