Pemandangan di Singapura (Reuters/Caroline Chia)
Dunia

Singapura Tambah Investasi di Negara Bagian India hingga US$3,7 M

  • Perusahaan Singapura dan Tamil Nadu India telah menyelesaikan investasi terencana senilai S$5 miliar (US$3,7 miliar) pada Tamil Nadu Global Investors Meet yang diadakan di Chennai.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Perusahaan Singapura dan Tamil Nadu India telah menyelesaikan investasi terencana senilai S$5 miliar (US$3,7 miliar) pada Tamil Nadu Global Investors Meet yang diadakan di Chennai.

“Investasi tersebut akan dilaksanakan selama beberapa tahun,” kata Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI), dan Enterprise Singapore (EnterpriseSG) pada Minggu, 7 Januari 2024.

Memorandum of Understanding (MOU) mencakup seluruh sektor dengan pertumbuhan tinggi seperti keberlanjutan dan infrastruktur, serta kolaborasi dalam teknologi dan keterampilan, kata siaran pers bersama tersebut.

Singapura memperkuat kerja sama ekonomi dengan negara bagian Tamil Nadu di India, melalui perluasan investasi ke sektor keberlanjutan dan infrastruktur negara bagian.

“Tamil Nadu adalah penyumbang terbesar kedua bagi PDB India dan sering kali menjadi pelabuhan pertama bagi perusahaan Singapura yang melihat India Selatan, mengingat keakraban budaya dan sejarah antara kedua negara bagian tersebut,” kata MTI dan EnterpriseSG.

Komisioner Tinggi Singapura untuk India, Simon Wong, memimpin delegasi pejabat dari Kementerian Luar Negeri, MTI, dan EnterpriseSG, serta 60 perwakilan bisnis dari Federasi Bisnis Singapura dan Kamar Dagang dan Industri India Singapura ke acara tersebut di Chennai.

Federasi Bisnis Singapura, didukung oleh Enterprises, mendirikan Paviliun Singapura yang menampilkan perusahaan-perusahaan Singapura dengan kehadiran yang kuat di Tamil Nadu, termasuk Sembcorp, CapitaLand, YCH, dan Blue Planet.

Pada acara tersebut, CapitaLand kembali menegaskan rencana pertumbuhannya untuk Chennai dengan investasi senilai S$500 juta, yang akan digunakan untuk pengembangan kawasan bisnis, logistik, gudang, dan pusat data.

Perusahaan lain, Lionsbot—yang merancang dan memproduksi robot pembersih berukuran industri secara otomatis—akan bermitra dengan universitas terkemuka di Tamil Nadu untuk mendorong pengembangan bakat teknik dan robotika.

“Rangkaian inisiatif kolaboratif dan investasi terkait terbaru menunjukkan bahwa perusahaan Singapura secara strategis membangun luas dan dalamnya keterlibatan mereka di Tamil Nadu,” ujar Tan Soon Kim, wakil kepala eksekutif EnterpriseSG. 

“EnterpriseSG berkomitmen untuk memperdalam dukungan kami bagi perusahaan yang tertarik untuk memasuki pasar, dan membantu mereka menangkap peluang di samping ambisi Tamil Nadu untuk menjadi ekonomi bernilai US$1 triliun pada tahun 2030,” katanya dikutip melalui CNA, Senin 8 Januari 2024.