Nasional

Singkirkan Singapura, Untuk Keenam Kalinya Indonesia Melaju ke Final Piala AFF

  •  JAKARTA- Tim nasional Indonesia memastikan langkah untuk maju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua. Dalam
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Tim nasional Indonesia memastikan langkah untuk maju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua. Dalam pertandingan leg pertama Indonesia menahan imbang Singapura 1-1.

Pertandingan leg kedua yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) tersebut diwarnai hujan kartu merah dengan tiga pemain Singapura diusir dari lapangan. Meski unggul dalam jumlah pemain Indonesia justru nyaris tersingkir.

Kemenangan ini juga harus dicapai dengan dua kali perpanjangan setelah pada waktu normal kedua tim bermain imbang 2-2.

Pertandingan leg kedua itu berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia mencoba bermain agresif dengan menggempur pertahanan Singapura. Upaya ini tidak sia-sia. Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11. Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaeman yang meliuk di antara pemain bertahan lawan.

Setelah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Witan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Ezra Walian sudah menunggu dan melesakkan bola ke dalam gawang.

Tertinggal 0-1, Singapura meningkatkan permainan. Namun pemain belakang mereka Safuwan Baharudin diganjar kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit ke-45+3.

Tetapi satu menit kemudian Singapura justru berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas gelandang Song Ui-young. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, baik Indonesia maupun Singapura terus mempertahankan permainan tempo tinggi. Namun pada menit ke-66 Singapura harus bermain dengan sembilan pemain setelah Irfan Fandi mendapatkan kartu merah.

Tetapi lagi-lagi setelah ada kartu merah, Singapura justru berhasil mencetak gol pada menit ke-74  melalui tendangan bebas yang keras dan akurat dari Shahdan Sulaiman. Beruntung pemain Indonesia Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-87. Skor kembali setara 2-2.

Indonesia kembali dalam posisi kritis setelah pada injure time babak kedua Singapura mendapat hadiah penalti. Penjaga gawang Nadeo Argawinata layak untuk menjadi pahlawan setelah berhasil menepis tendangan Fariz Ramli. 

Kedudukan 2-2 memaksa permainan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2X15 menit yang didominasi oleh anak-anak Garuda.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memperbesar keunggulan pada menit ke-91 setelah bek Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri. Kemenangan kemudian disempurnakan oleh gol Egy Maulana pada menit ke 105 dengan memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura.

Pada babak tambahan kedua Indonesia terus melakukan sejumlah serangan berbahaya. Tetapi penjag gawan Singapura, Hassan Sunny bermain gemilang dengan berhasil menggagalkan sejumlah peluang Indonesia. Tetapi perjuangannya juga harus dibayar mahal karena dia pun akhirnya diusir dengan kartu merah setelah mengganjal keras Irfan Jaya. Dalam waktu sekitar satu menit, Singapura harus bermain dengan delapan pemain hingga akhirnya peluit panjang ditiup.

Dengan keberhasilan ini Indonesia akan melawan pemenang partai semifinal lainnya yang mempertemukan Thailand dan Vietnam. Laga leg kedua semifinal tersebut digelar pada Minggu (26/12). Pada leg pertama, Thailand menang 2-0.

Meski digelar tahun 2021, kompetisi tahunan ini tetap menggunakan angka tahun 2020. Hal ini karena pada tahun tersebut AFF ditiadakan karena pandemi COVID-19

Bagi skuad Garuda ini akan menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Sayangnya belum pernah sekalipun Indonesia menjuarai kompetisi tingkat Asia Tenggara tersebut. Dan kali ini saatnya Indonesia bukan spesialis finalis AFF tanpa pernah menjadi juara.

Susunan pemain kedua tim

Indonesia

Nadeo Argawinata (penjaga gawang), Pratama Arhan, Rizky Ridho (65', Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga (107', Alfeandra Dewangga), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (94', Evan Dimas), Ricky Kambuaya (66', Egy Maulana), Ramai Rumakiek (65', Irfan Jaya), Witan Sulaeman, Ezra Walian (54', Hanis Saghara).

Singapura

Hassan Sunny  (penjaga gawang), Nur Adam Abdullah (105', Tajeli Salamat), Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulqarnen Suzliman, Hami Syahin (60', Shawal Anuar), Song Ui-young (71', Amirul Adli), Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (kapten), Hafiz Nor (60', Fariz Ramli), Amy Recha (60', Ikhsan Fandi).