SIRCLO Berkolaborasi dengan Maybank Syariah Dukung UMKM Implementasi Ekonomi Hijau dalam Program Panen Omset 2023
Korporasi

SIRCLO Dukung UMKM Implementasi Ekonomi Hijau Lewat Program Panen Omset 2023

  • Penyedia solusi omnichannel commerce di Indonesia itu berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia (UUS Maybank Indonesia) untuk mendorong UMKM nyemplung ke ekonomi hijau.
Korporasi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Studi World Economic Forum memproyeksi ekonomi hijau dapat memberikan peluang bisnis dan menciptakan banyak lapangan kerja pada tahun 2030. Hal ini membuat SIRCLO turut berpartisipasi menyongsong ekonomi hijau dengan program “Panen Omset 2023”.

Penyedia solusi omnichannel commerce di Indonesia itu berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia (UUS Maybank Indonesia) untuk mendorong UMKM nyemplung ke ekonomi hijau. Program tersebut mengusung tema Sustainable MSMEs atau Bisnis UMKM, SIRCLO mewadahi pelaku UMKM untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis berkelanjutan hingga mewujudkan nol emisi karbon. 

Batch pertama program Panen Omset 2023 dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan.

CEO Entrepeneur Solutions SIRCLO, Ferry Tenka, menuturkan program Panen Omset 2023 dirancang sebagai panduan untuk memudahkan pelaku usaha mengambil langkah awal dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan. “Tingginya antusias peserta pada Penen Omset tahun 2022 memupuk semangat kami untuk mengembangkan program tersebut semakin relevan dan efektif guna menunjang performa bisnis UMKM” imbuh Ferry dalam keterangan resmi, dikutip Kamis 6 Juli 2023. 

Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia, Romy Buchari mengatakan melalui Unit Syariah (UUS) Maybank Indonesia bangga dapat terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan Panen Omset bersama SIRCLO untuk mewujudkan ekonomi hijau yang berkelanjutan, khususnya pada sektor ekonomi syariah melalui peran pelaku UMKM di Indonesia.

“Maybank Group percaya bahwa bahwa pelatihan ini dapat mendukung salah satu strategi besar besar Maybank yakni M25+ yang berfokus pada pengembangan pasar solusi keuangan syariah di tanah air yang di saat bersamaan mampu melaksanakan salah satu amanat prinsip ekonomi syariah yaitu mengelola sumber daya yang ada demi kemaslahatan bersama” tandas Romy.

Konsep 3R 

Program Panen Omset 2023 mencakup modul pelatihan bisnis digital, pelatihan digital marketing dan branding serta sosialisasi da pendampingan konsep reduce, reuse dan recycle (3R).

Modul pelatihan bisnis digital membahas terkait manajemen bisnis dasar, pembuatan konten kreatif, dan pengembangan e-commerce seperti pembuatan website, integrasi marketplace omnichannel hingga WhatsApp Business API bagi para pelaku UMKM.

Sementara digital marketing dan branding membahas cara mengoptimalkan platform media sosial sebagai kanal penjualan, tren pemasaran di dunia seperti live shopping streaming, strategi branding, dan influencer marketing.

Terakhir, sosialisasi dan pendampingan konsep 3R memaparkan isu karbon dan emisi global, edukasi pengelolaan sampah, dan sesi sharing bersama Waste4Change sebagai penyedia solusi pengelolaan sampah terdepan di Indonesia.

CMO & Co-Founder Social Bread, Ester Jeanette mendukung adanya program Panen Omset 2023 dan menuturkan bahwa jumlah UMKM di tahun 2023 mencapai 65 juta namun yang go digital baru 20 juta. Dengan adanya program ini Social Bread dapat membantu meningkatkan UMKM go digital sehingga bisnisnya dapat sukses melalui digital.

Acara program Panen Omset juga turut didukung oleh JNE, Mbloc Group, Canva, dan Kontrak Hukum. Pada peluncuran perdana program Panen Omset tahun lalu, pelaksanaannya tersebar di 11 kota di Indonesia di mana SIRCLO memperkenalkan fitur Cekatan atau Cek-Out Satu Halaman yang dapat membantu pelaku UMKM mengelola bisnisnya secara online tanpa memerlukan kemampuan coding dan desain website.

Peserta UMKM yang telah mendaftar dan dinyatakan lulus kurasi pendaftaran berkesempatan memenenangkan total hadiah Rp50 juta dan tiga pemenang utama akan mendapatkan akses permodalan senilai RP12 juta, perluasan akses pasar, dan kesempatan mengadakan showcasting di Nakama.id dan NAKAMA Creative Hub.

Tak hanya itu, terdapat pula hadiah lainnya seperti giveaway pengisian saldo e-wallet sebesar Rp500 ribu bagi 28 peserta terpilih dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 12 peserta yang terpilih.