MotoGP Mandalika 2023
Nasional

Sirkuit Mandalika Sudah 90 Persen Siap Gelar MotoGP

  • Perbaikan dan penambahan fasilitas dilakukan seperti lintasan (track), paddock, dan inner-circuit.

Nasional

Ilyas Maulana Firdaus

JAKARTA — Persiapan Sirkuit Mandalika untuk menggelar event MotoGP  27-29 September 2024sudah mencapai proses 90 persen. Sebelum acara dimulai semua dipastikan akan siap.

Hal itu disampaikan Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka 9 September 2024. Persiapan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada event balapan saja, tetapi event di luar balapan juga sudah dipersiapkan. "

Troy mengatakan tema yang diusung kali ini adalah ‘Spirit of Indonesia. Selain balapan acara juga akan dimeriahkan oleh sejumlah band dan musisi nasional seperti Slank, Geisha, dan Ada band.

Selain itu, Troy menjelaskan akan ada pertunjukan kolosal yang diikuti sekitar 200 peserta dalam acara pembukaan untuk membantu memeriahkan event balapan.  “Di saat pembukaan event MotoGP akan ada pertunjukan kolosal yang melibatkan 200 personel, dengan menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia yang dibalut kebhinekaan,” ucap Troy.

Side event yang dipertunjukan menjadi alternatif untuk masyarakat yang mungkin tidak menyukai balapan, sehingga event ini menjadi event yang inklusif.  Ini menjadikan acara bisa dinikmati segala kalangan masyarakat, bukan hanya untuk pecinta balapan MotoGP.

Event  di luar balapan akan digelar pada tanggal 25 September 2024, Troy menegaskan “untuk side event ini akan berlangsung pada tanggal 25 September 2024, berupa parade yang dilakukan oleh semua peserta MotoGP dan berlangsung di Kota Mataram,” ucapnya.

Untuk persiapan, Sirkuit Mandalika ditutup mulai 2 September 2024.  Perbaikan dan penambahan fasilitas dilakukan seperti lintasan (track), paddock, dan inner-circuit. Termasuk juga penambahan atap di tribun Grandstand A serta pengelolaan sampah yang lebih baik untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar sirkuit dan kawasan The Mandalika. 

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria, menegaskan pengecatan ulang curbstone di lintasan bertujuan untuk mempercantik Pertamina Mandalika International Circuit, serta pemeliharaan dan pengaturan alat-alat elektronik seperti digital flag, timing system, CCTV circuit, Start/Finish LED, dan perangkat lainnya.

Sehingga untuk sementara waktu, kegiatan yang dilakukan seperti tur dan kunjungan masyarakat ke Sirkuit Mandalika akan dihentikan. Dan Troy meminta kerjasama serta pengertian masyarakat umum dan seluruh pengunjung, penutupan yang dilakukan sangat penting untuk menjaga kondisi, standar kualitas, dan juga keselamatan para peserta event MotoGP.

“Sebagai tuan rumah Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penonton, pembalap, dan seluruh pihak yang terlibat,” ucap Troy 

“Persiapan yang telah kami lakukan mencakup berbagai aspek penting, dari peningkatan fasilitas hingga pengelolaan lingkungan, untuk memastikan event ini berjalan dengan lancar dan sukses. Kami berharap Indonesian GP 2024 di The Mandalika tidak hanya menjadi ajang balap yang spektakuler, tetapi juga membawa dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian lokal,” tutup Troy.