E-Meterai
Nasional

Sisa 2 Hari Pendaftaran CPNS 2024, E-meterai di Peruri Susah Diakses

  • situasi ini dimanfaatkan pedagang di e-commerce Shopee dengan menjualnya dengan harga selangit.

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2024 akan segera ditutup dalam 2 hari, namun masih saja diwarnai dengan keluhan pelamar yang tak bisa membeli atau mengakses e-materai melalui situs Peruri.

Hingga saat ini, Manajemen Peruri belum memberikan tanggapan sama sekali. Tapi di akun Instagram resminya, mereka menjelaskan bagi masyarakat yang sudah membeli e-meterai, namun tidak bisa digunakan, dapat melakukan pengembalian dana maksimal 3 hari setelah pembayaran berhasil. Tapi dana yang dikembalikan (refund) cukup lama.

"Permintaan pembatalan pembelian akan diproses 45 hari kalender dan uang yang dikembalikan hanya 75 persen dari total pembayaran," tulis Peruri dilansir pada Rabu, 4 September 2024.

Sayangnya situasi ini dimanfaatkan pedagang di e-commerce Shopee dengan menjualnya dengan harga selangit. Berdasarkan pantauan TrenAsia.com Rabu, 4 September 2024 salah satu akun Gadgetind.co dari Bandung menjual hingga Rp107.800  per meterai atau 10 kali lipat dari harga yang ditetapkan Peruri Rp10.000. 

Sekadar informasi harga e-meterai yang dijual di Peruri dan Skill Academy Rp12.500 yang terdiri dari harga meterai Rp10.000 ditambah biaya admin Rp2.500.

Selain Peruri, masyarakat sebenarnya bisa membeli e-meterai di sejumlah laman lainnya, di antaranya Skill Academy E-Meterai, Signing ID, Materai ID, hingga Mekari. Namun, beberapa di antaranya juga kehabisan stok dan sisanya mengalami gangguan.

Buat Akun E-Meterai Sebelum Membeli

Tidak perlu bingung, BKN bersama Peruri menyediakan situs pembelian e-meterai resmi untuk memudahkan pendaftaran CPNS. E-meterai yang didapat resmi dari Peruri.

1. Anda bisa membeli e-materai di website meterai-elektronik.com
2. Klik daftar sekarang, masukan nomor HP, nama lengkap dan buat password, serta konfirmasi kembali password, klik lanjutkan
3. Masuk kembali dengan nomor HP dan password yang didaftarkan kemudian klik masuk

Selain membeli e-materai di Peruri, Anda juga bisa membeli di reseller resmi yang telah bekerja sama dengan lembaga tersebut.

Dilansir dari laman Peruri, berikut reseller resmi yang menjual e-meterai:

PT Peruri Digital Security: https://e-meterai.co.id/
PT Finnet Indonesia: https://finnet.e-meterai.co.id/
PT Mitra Pajakku: https://e-meterai.pajakku.com/
PT Mitracomm Ekasarana: https://mitracomm.e- meterai.co.id/
Koperasi Pegawai Swadharma: https://swadharma.e- meterai.co.id/

Atau membeli di:

Live: https://www.e-meterai.live/
TokoGramedia: https://tokogramedia.com/e-meterai/auth
Skill Academy: https://skillacademy.com/e-meterai
Emet: https://emet.id/
PAPER: https://www.paper.id/e-meterai.php
Mekari Sign: https://mekarisign.com/id/fitur/e-meterai/
Materai id: https://materai.id/
Signing.id: https://www.signing.id/
Digidoku: https://digidoku.id/
Dimens: https://dimensy.id/