<p>Rekonstruksi digital rumah dewa bangsa Viking/Museum Universitas Bergen</p>
Nasional & Dunia

Sisa-Sisa Kuil untuk Menyembah Dewa Viking Ditemukan di Norwegia

  • NORWEGIA-Sisa-sisa kuil pagan berusia 1.200 tahun untuk dewa bangsa Norse Kuno seperti Thor dan Odin telah ditemukan di Norwegia. Sebuah peninggalan langka Viking yang dibangun beberapa abad sebelum agama Kristen menjadi dominan di sana. Para arkeolog mengatakan bangunan kayu dengan panjang sekitar 14 meter, lebar 26 8 m, dan tinggi hingga 12 m ini  diperkirakan […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

NORWEGIA-Sisa-sisa kuil pagan berusia 1.200 tahun untuk dewa bangsa Norse Kuno seperti Thor dan Odin telah ditemukan di Norwegia. Sebuah peninggalan langka Viking yang dibangun beberapa abad sebelum agama Kristen menjadi dominan di sana.

Para arkeolog mengatakan bangunan kayu dengan panjang sekitar 14 meter, lebar 26 8 m, dan tinggi hingga 12 m ini  diperkirakan berasal dari akhir abad ke-8 dan digunakan untuk penyembahan dan pengorbanan kepada dewa selama pertengahan musim panas dan pertengahan musim dingin.

Budaya Norse Kuno terkenal dan ditakuti setelah sekelompok pelaut dan pejuang Norse yang dikenal sebagai Viking mulai berdagang, menyerang dan menjajah seluruh Eropa dan masuk ke Islandia, Greenland dan Kanada.

“Ini adalah pertama kalinya kami menemukan salah satu bangunan yang sangat istimewa dan sangat indah ini,” kata Diinhoff kepada Live Science Kamis 8 Oktober 2020. “Kami mengenal mereka dari Swedia dan kami mengenal mereka dari Denmark. Ini menunjukkan bahwa mereka juga ada di Norwegia.”

Lokasi penemuan sisa-sisa kuil/Museum Universitas Bergen

Norse mulai membangun “rumah dewa” yang besar ini pada abad keenam. Rumah dewa jauh lebih kompleks daripada situs sederhana yang dulunya digunakan orang untuk menyembah dewa Norse Kuno.

“Itu adalah ekspresi keyakinan yang lebih kuat daripada semua tempat pemujaan kecil,” katanya. “Ini mungkin ada hubungannya dengan kelas masyarakat tertentu, yang membangun ini sebagai pertunjukan ideologis yang nyata.”

Rumah dewa adalah penghubung religius antara masyarakat lokal dan dewa-dewa Norse Kuno. Para dewa dikatakan tinggal di alam Asgard, yang terhubung ke alam duniawi Midgard oleh “jembatan pelangi” yang disebut Bifröst.

Sisa-sisa rumah dewa kuno ditemukan di Ose, sebuah desa tepi laut dekat kota Ørsta di Norwegia barat, di tanah yang diperuntukkan untuk pembangunan perumahan.

Penggalian di situs tersebut mengungkapkan sisa-sisa dua rumah panjang dari lebih dari 2000 tahun yang lalu.