Siwak, Kayu Ajaib Pembersih Mulut dan Gigi
Gaya Hidup

Siwak, Kayu Ajaib Pembersih Mulut dan Gigi

  • JAKARTA – Bagi umat muslim, barangkali siwak tidak begitu asing di telinga. Tetapi ternyata masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya manfaat dan bahkan belum pernah melihat bentuknya secara langsung. Siwak atau miswak adalah alat pembersih gigi yang berasal dari ranting pohon. Siwak memiliki nama ilmiah (Salvadora Persica). Siwak diperoleh dari ranting pohon Arak, Walnut, […]

Gaya Hidup
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Bagi umat muslim, barangkali siwak tidak begitu asing di telinga. Tetapi ternyata masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya manfaat dan bahkan belum pernah melihat bentuknya secara langsung.

Siwak atau miswak adalah alat pembersih gigi yang berasal dari ranting pohon. Siwak memiliki nama ilmiah (Salvadora Persica). Siwak diperoleh dari ranting pohon Arak, Walnut, dan Zaitun.

Adapun cara bersiwak, yaitu memulainya dari pertengahan, lalu ke arah kanan lalu ke kiri, demikian diulangi sebanyak 3 kali.

Siwak tidak hanya dianjurkan secara agama, namun juga terbukti secara ilmiah lebih baik daripada pasta gigi. Siwak mengandung mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak di mulut, mencegah gigi berlubang, dan memelihara kesehatan gusi.

Dilansir dari Ummuhanik (01/03) Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari King Abdul Aziz University, menunjukkan hasil  aktivitas periodontal treatment atau perawatan gigi secara periodik dari 480 orang berusia 35-65 tahun di kota Makkah dan Jeddah lebih rendah daripada studi yang dilakukan di negara-negara lain.

Hasil ini mengindikasikan hubungan erat antara penggunaan siwak dengan rendahnya kebutuhan masyarakat Makkah dan Jeddah terhadap perawatan gigi rutin.

Penelitian lain yang bereksperimen mencampur siwak dengan pasta gigi menunjukkan prosentase hasil yang lebih baik daripada yang tanpa campuran. Butiran-butiran siwak terbukti lebih mampu menjangkau sela-sela gigi secara menyeluruh dan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih terselip di sela-sela gigi.

Dengan hasil penelitian itu, saat ini banyak produsen pasta gigi yang mulai memfortifikasi bubuk siwak ke dalam produknya. Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah mengatakan bahwa siwak adalah komoditas kesehatan yang perlu dibudayakan sebab banyaknya manfaat di dalamnya.

Beberapa mineral yang berfungsi membersihkan gigi yang terkandung dalam siwak seperti Natrium Klorida, Kalium, Sodium Bikarbonat dan Kalsium Oksida juga. Adapun wangi harum dan rasa yang enak, disebabkan dari minyak alamiah yang berjumlah 1% dari keseluruhan komposisi.

Tidak hanya itu, siwak juga mengandung enzim yang dapat mencegah berbagai penyakit gusi. Siwak memiliki kandungan antara lain; trimetil amine, klorida, fluorida dan silika. Karena manfaatnya yang luar biasa baik, komposisi alami yang terdapat pada siwak, ditiru dan digunakan sebagai bahan campuran produk pasta gigi yang banyak beredar di pasaran.

Seorang peneliti bernama Rudat, direktur Institut Perkumanan Universitas Rostock, mengatakan, “Penelitian ilmiah modern mengukuhkan, bahwa siwak mengandung zat yang melawan pembusukan, zat pembersih yang membantu membunuh kuman, memutihkan gigi, melindungi gigi dari kerapuhan, bekerja membantu merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, dan melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit. Sebagaimana telah terbukti bahwa siwak memiliki manfaat mencegah kanker.”