Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)
Nasional

SKK Migas: Harta Karun Migas Wilayah Warim dan Seram Telah Diincar Investor

  • Sebelumnya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan Indonesia memiliki potensi harta karun minyak dan gas (migas) besar, diantaranya di wilayah Warim di Papua dan Seram di Maluku.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan Indonesia memiliki potensi harta karun minyak dan gas (migas) besar, di antaranya di wilayah Warim di Papua dan Seram di Maluku.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal mengatakan mengatakan saat ini pihaknya sedang memberikan penawaran kepada investor untuk mengembangkan wilayah Warim.

"Kalau Warim memang kami masih dalam proses penawaran kalau kami berikan judul, masih mencari investor yang tertarik," katanya dalam acara Diskusi Investasi Hulu Migas 2023 dan Launching Website SKK Migas Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023.

Sementara itu menurut Kemal, untuk wilayah Seram, telah ada investor yang tertarik. Namun, Kemal belum menyebutkan nama investor tersebut.

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, potensi sumber daya minyak dan gas bumi (migas) di dua wilayah tersebut secara akumulasi mencapai kisaran 4-5 miliar barel.

Dwi menambahkan sangat penting untuk mengembangkan kedua kawasan tersebut. Apalagi, Indonesia sendiri membutuhkan sumber cadangan migas untuk persediaan di masa depan. Ditambah lagi, hingga kini Indonesia masih terus memanfaatkan sumur-sumur tua yang produksinya juga semakin menurun.

SKK Migas dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tengah fokus mengembangkan dua kawasan tersebut terlebih dulu, di antara 5 temuan sumber daya migas yang telah diumumkan sebelumnya. Karena, potensi paling besar berada di kedua wilayah tersebut.