KoinWorks x Smartfren (1)-min.jpg
Industri

Smartfren Business dan KoinWorks Kerja Sama Pembiayaan untuk UMKM

  • Pelanggan Smartfren Business kini bisa mengajukan pinjaman ke KoinWorks.
Industri
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Perusahaan telekomunikasi Smartfren Business dan neobank Koinworks menandatangani nota kesepahaman (MoU) bertajuk 'Indonesia Micro Small Medium Enterprise Financing' pada Rabu, 24 Mei 2023.

Dalam kerja sama ini, pelanggan Smartfren Business dapat mengajukan pembiayaan ke KoinWorks dengan bunga yang lebih rendah serta proses lebih cepat, untuk pembelian perangkat internet Koin-Net.

"UMKM Indonesia adalah pahlawan ekonomi negeri, dan Smartfren Business ingin memberikan kontribusi nyata kepada UMKM Indonesia melalui solusi digital. Kami yakin, UMKM Indonesia bisa tumbuh dan menambah pemasukan dengan Koin-Net," kata CEO Smartfren Business Alim Gunadi dalam keterangan resmi.

Alim menerangkan, para usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) yang menjadi pelanggan Smartfren Business kini bisa mengajukan pinjaman hingga Rp17 juta dengan pilihan tenor 6 sampai 12 bulan.

Sebagai informasi, Koin-Net merupakan Access Point Wi-Fi privat yang bertujuan untuk memberikan akses internet kepada pengguna. Dalam hal digitalisasi bagi UMKM, keberadaan Koin-Net diharapkan perusahaan mampu menunjang kegiatan usaha mereka.

Lebih lanjut Alim memaparkan, mayoritas pelanggan Smartfren Business merupakan UMKM seperti kedai kopi, toko retail, home industry serta toko penyedia jasa.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono mengaku senang atas kerja sama tersebut. Karena, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak para pelaku UMKM di Tanah Air.

"Dengan penyediaan akses pembiayaan dari KoinWorks, kami harap dapat mendorong lebih banyak UMKM untuk mengadopsi solusi-solusi digital yang bermanfaat bagi usahanya.” pungkas Benedicto.