Galeri Smartfren di kawasan BSD Tangerang, Jumat 20 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

Smartfren (FREN) Jawab Rumor Akuisisi DANA dari Emtek

  • Emiten operator telekomunikasi milik Grup Sinarmas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) menjawab rumor terkait potensi akuisisi start up dompet digital DANA milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk alias Grup Emtek.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten operator telekomunikasi milik Grup Sinarmas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) menjawab rumor terkait potensi akuisisi start up dompet digital DANA milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk alias Grup Emtek.

Direktur Smartfren, Antony Susilo menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengambilalih saham atau mengakuisisi DANA. Hanya saja, perseroan memang telah melakukan kerja sama strategis bersama DANA dengan meluncurkan kartu perdana ekslusif.

“DANA selama ini telah melalukan inovasi di bidang keuangan digital dan berpartisipasi dalam pencapaian inklusi keuangan yang lebih merata di Indonesia, sejalan dengan visi perseroan untuk pencapaian inklusi digital,” ujarnya melalui keterbukaan informasi, Senin, 29 November 2021.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, aplikasi dompet digital DANA akan terhubung langsung dengan aplikasi mySF, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk bertransaksi atau membeli produk Smartfren.

“Selain itu, hanya melalui aplikasi DANA tersedia paket kartu perdana Smartfren dengan benefit khusus,” jelas Antony.

Melalui kerja sama strategis ini juga, lanjut dia, Smartfren dan DANA berharap akan bisa bersama-sama merangkul generasi digital serta milenial yang menjalani gaya hidup digital, sekaligus mengutamakan transaksi keuangan non-tunai (cashless).

Sebelumnya, dalam laporan DealstreetAsia, Senin, 9 Agustus 2021, tiga sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan bahwa Sinarmas dan Emtek tengah dalam pembicaraan dalam proses akuisisi DANA. 

Ketiga sumber itu juga menyebut Grup Sinarmas akan bermitra dengan Ant Financial jika proses akuisisi itu berhasil dilaksanakan. Ant Financial sendiri merupakan unicorn asal Tiongkok yang mengelola dompet digital Alipay. Perusahaan ini juga terafiliasi dengan Alibaba.

Sebagai informasi tambahan, DANA merupakan start up financial technology (fintech) dengan valuasi di bawah US$1 miliar. Valuasi DANA masih berada di bawah pesaingnya, seperti OVO dan Akulaku.