Karyawan beraktivitas di Galeri Smartfren, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Smartfren (FREN) Siap Luncurkan Rights Issue Raksasa Rp8,57 T, Ini Jadwalnya

  • Smartfren (FREN) menawarkan saham ini di harga Rp50 per saham, sehingga seluruhnya bernilai sebanyak-banyaknya Rp8,57 triliun.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) mengumumkan niatnya untuk meningkatkan modal melalui pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, dengan target dana sebesar Rp8,57 triliun. 

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten berkodekan saham FREN akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 171,45 miliar saham biasa seri D, dengan nilai nominal Rp50 per saham. 

“Saham ini akan ditawarkan di harga Rp50 per saham, sehingga seluruhnya bernilai sebanyak-banyaknya Rp8,57 triliun,” demikian bunyi pernyataan manajemen FREN dalam keterbukaan informasi dikutip pada Kamis, 25 Januari 2024. 

Dalam pengumuman FREN disebutkan bahwa setiap pemegang 178 saham lama pada tanggal 14 Maret 2024 akan diberikan 75 HMETD. Jadi setiap HMETD memberikan hak kepada pemegang saham untuk membeli satu saham baru dengan harga penawaran Rp50 per saham.

“Rights issue ini diperdagangkan BEI dan dilaksanakan pada 18 Maret 2024 sampai 22 Maret 2024,” papar manajemen FREN. 

Dalam rights issue ini, manajemen menyatakan bahwa tidak ada pembeli siaga. Oleh karena itu, jika setelah alokasi masih terdapat Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang tidak digunakan, saham-saham HMETD yang tersisa tidak akan dikeluarkan dari portofolio. 

Dana yang diperoleh dari rights issue, sekitar Rp5,48 triliun, direncanakan akan digunakan oleh FREN untuk membayar utang dan bunga pinjaman. Sementara itu, sisanya akan dialokasikan untuk modal kerja FREN.

Manajemen juga menyebutkan, pemegang saham lama yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru dalam rights issue ini, akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham atau dilusi dalam jumlah maksimum sebesar 29,64% setelah pelaksanaan rights issue. 

Adapun saham hasil pelaksanaan HMETD yang dikeluarkan dalam rangka rights issue ini memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan saham yang telah dikeluarkan sebelumnya oleh FREN, termasuk hak atas dividen.