<p>Emiten telekomunikasi dari Grup Sinarmas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) / Facebook @smartfren</p>
Korporasi

Smartfren Lewat Anak Usaha Smartel Beli Saham Moratel Rp360 Miliar

  • PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) melalui anak usahanya, PT Smart Telecom (Smartel) melakukan penyertaan modal saham kepada PT Mora Telematika Indonesia alias Moratel atau Moratelindo.

Korporasi
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) melalui anak usahanya, PT Smart Telecom (Smartel) melakukan penyertaan modal saham kepada PT Mora Telematika Indonesia alias Moratel atau Moratelindo.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Smartel membeli saham baru sebesar 20,5% senilai Rp360 miliar dari total modal yang ditempakan Moratel.

Adapun penandatanganan Perjanjian Penyertaan Saham Bersyarat oleh Smartel, PT Candrakarya Multikreasi (CKM), dan PT Gema Lintas Benua (GLB) telah dilaksanakan pada 25 Mei lalu.

“Dengan jumlah penyertaan modal saham tersebut, Smartel akan menjadi pemegang saham minoritas, tidak menjadi pemegang saham pengendali, dan tidak menempatkan pengurus di Moratel,” jelas Direktur FREN Antony Susilo.

Ia mengungkapkan, aksi ini dilakukan dalam rangka mengembangkan usaha strategis perseroan, Smartel, dan Moratel ke depan. Menurutnya, para pihak dalam perjanjian akan berkomitmen untuk bersinergi dalam kegiatan operasional kinerja.

Diharapkan, kerja sama ini akan berdampak positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi dan kelangsungan usaha perseroan.

Sebagai informasi, perseroan menyebut penyertaan saham ini tidak termasuk dalam kategori transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

Selain itu, keputusan FREN juga bukan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK Nomor 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan. (LRD)