<p>Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita / Dok. Kemenperin</p>
Industri

Soal Relokasi Pabrik Isuzu, Menperin: Hanya UD Trucks

  • Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, merespons polemik soal relokasi pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, merespons kabar relokasi pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia. Agus menegasman Isuzu hanya memindahkan salah satu pabrik mereka yang memproduksi UD Trucks.

Sebelumnya, manajemen Isuzu membantah kabar itu setelah media nasional ramai-ramai memberitakan rencana perpindahan pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia, merujuk pernyataan Menperin. 

Ditemui di Jakarta, Jumat 9 Juni 2023, Menperin mengklaim tak pernah mengatakan Isuzu hendak memindahkan fasilitas pabrik secara keseluruhan dari Thailand ke Indonesia. Dia menggarisbawahi pemindahan tersebut hanya menyasar produk UD Trucks. 

“Jelas di rilis kami ditulis eksplisit UD Trucks, bukan semua fasilitas Isuzu di Thailand,” ujarnya, dikutip TrenAsia.

Pihaknya memastikan tak ada pembahasan soal pemindahan fasilitas produksi Isuzu secara total dari Thailand ke Indonesia saat pertemuan dengan wakil Isuzu di Jepang beberapa hari lalu. 

“Yang ada hanya membahas UD Trucks. Itu salah satu merek yang memang diproduksi Isuzu,” ujar politikus Golkar tersebut.

Meski hanya memindahkan salah satu lini produksi, Menperin menilai pencapaian tersebut sudah luar biasa. Menurut Agus, keberhasilan menarik produksi UD Trucks disambut suka cita pelaku industri Tanah Air. “Ini sudah luar biasa, good step,” ujarnya. 

Investasi Capai US$2 Juta

Fasilitas produksi UD Trucks dari Thailand akan dipindahkan ke pabrik Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang, Jawa Barat. Produksi UD Trucks ditargetkan mulai pada 2024. Menperin menyebut nilai investasi Isuzu mencapai US$2 juta. 

“Mereka tidak buka lahan baru tapi menambah lini produksi. Tapi itu sudah cukup,” ujarnya.

Dengan investasi tersebut, Kemenperin menargetkan ada penyerapan tenaga kerja baru mencapai 100-150 orang, khusus dari produksi UD Trucks. Untuk tahun pertama, UD Trucks ditargetkan berproduksi dengan volume 1.600 unit.

“Akan bertambah setiap tahun,” ujar Menperin. Kemenperin akan membuat rantai pasok produksi UD Truck, mulai dari industri kecil menengah, suplai chain komponen, hingga tingkat TKDN truck yang akan diproduksi.

Pabrik Isuzu di Karawang sebelumnya telah memproduksi kendaraan niaga bernama Isuzu Traga. Produk tersebut telah diekspor ke berbagai negara, terutama Timur Tengah dan Filipina. Produksi pabrik Isuzu di Karawang pada 2022 cukup menonjol yakni sebesar 44.694 unit atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Adapun ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU).